Tips Merawat Pakaian Berbahan Katun Rayon

No comment 67 views

Ada banyak sekali jenis bahan yang umum digunakan untuk membuat pakaian, salah satunya adalah berbahan katun rayon. Pada dasarnya, pakaian dari jenis bahan rayon di pasaran tersedia dengan berbagai model yang menarik. Yah! walaupun kain katun rayon memiliki karakter yang tipis dan rapuh, namun bahan ini tetap disukai lantaran sangat nyaman digunakan dan tidak menyebabkan gerah.

jenis bahan rayon di pasaran

Oleh karena karakter kainnya yang berbeda dari katun pada umumnya. Perawatannya pun sudah pasti berbeda pula. Perlakuan mulai dari penggunaan, pencucian, pengeringan hingga sampai dengan melipat, harus lebih ekstra berhati-hati untuk menjaga kualitas kain itu sendiri.

Kain katun rayon termasuk ke dalam golongan kain sintesis yang berasal dari hasil ekstraksi selulosa pulp kayu. Meskipun hampir mirip dengan katun, namun rayon masih lebih rapuh dan mudah mengkerut ketika terkena basah. Begitu pula dengan warna kainnya juga mudah berubah, dan akan sangat kusut jika pakaian berbahan katun rayon ini di cuci menggunakan mesin. Maka dari itu, Anda yang memiliki pakaian berbahan katun rayon perlu mengetahui bagaimana cara perawatannya biar awet dan tetap dalam kondisi yang baik meskipun sudah berulang-ulang kali di cuci. Lebih lanjut, silahkan simak tipsnya berikut ini;

1. Mencuci Pakaian Rayon dengan Tangan

Cara terbaik untuk menjaga pakaian rayon Anda agar awet dan tidak sobek adalah dengan mencucinya secara manual menggunakan tangan. Yah, meskipun cara ini sedikit merepotkan dan terbilang tidak praktis, namun cara inilah yang paling tepat untuk diterapkan. Jadi kalau Anda bukan termasuk orang yang rajin, maka sebaiknya Anda harus menghindari untuk membeli pakaian berbahan rayon.

2. Jangan Terlalu Lama Merendam

Merendam pakaian sebelum di cuci memang sangat dianjurkan, karena dapat mempermudah untuk menghilangkan kotoran/noda dari kain. Hanya saja pada kain katun rayon, sebaiknya Anda tidak merendamnya terlalu lama. Sebab dalam membuat serat kain melar dan dapat membuat warnanya menjadi memudar. Sebaiknya proses perendaman kain rayon hanya dilakukan selama maksimal 20 menit. Baru dilanjutkan dengan mencucinya.

3. Jangan Menggunakan Sikat

Membersihkan noda yang membandel di kain tidak selamanya harus di sikat. Pada kain rayon, biasanya noda akan lebih mudah dibersihkan karena sudah melalui proses perendaman. Proses pencucian kain rayon secara manual dapat dilakukan dengan cara menguceknya menggunakan tangan. Penggunaan sikat dapat membuat struktur kain menjadi rusak bahkan beresiko robek.

4. Jangan Menggunakan Pemutih

Penggunaan pemutih juga tidak dianjurkan saat mencuci pakaian berbahan katun rayon. Zat kimia pada pemutih dalam membuat kain menjadi lebih rapuh dan juga dapat merusak warna.

5. Jangan Menggunakan Pengering Mesin Cuci

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan pengering mesin cuci setiap kali selesai mencuci pakaian. Maka khusus untuk pakaian berbahan katun rayon, sebaiknya jangan Anda lalukan. Putaran yang sangat cepat dari mesin pengering sangat berbahaya bagi kain rayon, karena dapat membuat kain menjadi robek. Jika ingin mengeringkan pakaian, sebaiknya cukup memeras kain dengan sedikit tenaga saja. Selebihnya tinggal jemur di tempat yang minim terkena sinar matahari langsung.

Leave a reply "Tips Merawat Pakaian Berbahan Katun Rayon"