Tips Memasak Sehat dan Aman untuk Penyandang Diabetes

No comment 52 views
makanan untuk diabetesi

 

Bikin makanan sehat, aman, tapi tetap enak untuk penyandang diabetes? Bisa, kok! Lakukan saja tips memasak berikut ini.

Kadar gula dalam makanan bukanlah satu-satunya hal yang perlu diperhatikan saat memasak makanan untuk penderita diabetes. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, kandungan lain, seperti lemak dan jumlah kalori keseluruhan menu makanan pun perlu dicermati. Sebab, diabetes juga dipengaruhi oleh profil lemak tubuh, berat badan, dan hal lainnya. Untuk itulah, di bawah ini dr. Astrid akan menjelaskan prinsip memasak bagi para diabetesi yang bisa Anda jadikan referensi.

Cara Memilih Bahan Makanan yang Tepat

Memilih bahan makanan untuk diabetesi tentu tak semudah memilih bahan makanan untuk orang yang kesehatannya normal. Adapun cara yang untuk memilih bahan makanan sehat untuk diolah menjadi masakan yang lezat, yaitu:

  • Pilihlah bahan makanan yang rendah lemak, seperti dada ayam tanpa kulit daging merah tanpa lemak putihnya, susu rendah lemak.
  • Pilihlah minyak cair ketimbang minyak padat seperti mentega. Akan lebih baik bila minyak yang Anda gunakan adalah minyak kanola atau minyak jagung ketimbang minyak kelapa sawit.
  • Dan selalu pilih karbohidrat kompleks (nasi merah) ketimbang karbohidrat simpleks (nasi putih).

Cara Memasak

Teknik memasak yang sebaiknya Anda hindari adalah memasak dengan cara menggoreng. Anda bisa mencoba variasi menumis, memanggang, merebus, atau mengukus.

“Agar makanan yang dikukus memiliki cita rasa yang lezat, Anda dapat menggunakan air kaldu alami. Rasanya akan berbeda bila Anda mengukusnya hanya dengan air biasa.” jelas dr. Astrid.

Cara Memilih Bumbu

Intensitas garam dan gula sudah pasti perlu dikurangi. Sebagai alternatifnya, Anda bisa membumbui makanan dengan herba kering, bawang merah, bawang putih, dan merica.

“Anda juga dapat menggunakan kaldu ayam, daging, atau jamur sebagai penambah rasa gurih pada masakan.” tambahnya.

Cara Menghitung Porsi

Penting bagi penderita diabetes untuk mengetahui kebutuhan kalori hariannya serta mengetahui cara membaginya dalam beberapa porsi makan dengan komposisi bahan makanan yang berbeda. Misalnya, kebutuhan kalori dalam sehari adalah 2.000. Lalu, bagilah menjadi 3 kali makan besar dan 3 kali camilan selingan.

Itu dia tips memasak sehat dan aman untuk penderita diabetes. Mudah, bukan? Jadi, cobalah terapkan tips memasak tersebut setiap hari, sehingga lonjakan atau penurunan gula darah Anda tidak terjadi secara signifikan. Akhir kata, selamat mencoba!

Leave a reply "Tips Memasak Sehat dan Aman untuk Penyandang Diabetes"