Tips Belajar Gitar untuk Pemula

No comment 259 views

Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling banyak digunakan. Hampir semua genre musik selaras dengan alat musik petik yang satu ini. Sebut saja aliran musik pop, rock, metal, jazz, dangdut dan sebagainya, tidak lepas dari alunan gitar classic ataupun electric. Apalagi untuk belajar gitar sebenarnya tidak begitu sulit. Anda bisa belajar gitar lewat kursus-kursus musik atau belajar secara otodidak Chord gitar melalui video ataupun situs-situs musik. Selain lebih simple, biasanya konten-konten tersebut bisa Anda pelajari secara gratis.

Belajar Kunci Gitar

Nah, jika kamu adalah seorang pemula dan ingin cepat menguasai gitar. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan bila ingin belajar gitar;

1. Kuasai Kunci Dasar

Untuk dapat mahir bermain gitar, tentu kamu harus menguasai kunci gitar. Ini merupakan dasar dalam bermain gitar yang harus kamu pelajari. Tidak ada alasan untuk tidak tahu nada-nada dasar (kunci) A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan G jika kamu ingin bermain gitar. Dan kunci-kunci gitar ini bisa kamu pelajari langsung di situs chordtela.com. Di Chordtela kamu juga bisa menemukan lirik lagu berikut kunci-kunci gitar yang digunakan. Nah, silahkan gunakan kunci-kunci yang ada sebagai bahan latihan kamu.

2. Tuning atau Menyetel Senar Gitar

Hal dasar lainnya yang perlu kamu pelajari adalah bagaimana cara menyetel senar gitar dengan benar. Ini merupakan hal mendasar yang harus kamu lakukan agar alunan gitar kamu tidak fals saat dimainkan. Untuk bisa menyetel senar gitar, kamu harus paham nada-nada senar-nya. Secara berurutan dari senar yang paling tebal hingga yang paling tipis, memiliki nada E, A, D, G, B, dan E. Selain itu kamu juga perlu membiasakan diri mendengar nada-nada tersebut lewat video atau orang-orang yang sudah lebih dahulu mahir bermain gitar.

Untuk menyetel gitar, kamu dapat menyetelnya di bagian tuner (putaran) yang terdapat dikepala gitar. Kencangkan tuner untuk mendapatkan nada yang tinggi, sedangkan tuner yang kendur untuk menghasilkan nada yang lebih rendah. Lakukan pada semua senar, hingga sesuai dengan nada-nya masing-masing.

3. Memetik Senar Gitar

Poin penting selanjutnya dalam belajar bermain gitar adalah bagaimana cara memetik senar gitar yang benar. Setiap petikan senar gitar akan menghasilkan nada-nada tersendiri. Petikan ini selaras dengan kunci gitar yang akan kamu gunakan. Jadi untuk dapat menghasilkan irama yang selaras, kamu perlu meletakkan jari-jari kamu pada senar yang sesuai. Senar bass, yakni senar nomor 6,5, dan 4 dipetik menggunakan ibu jari, sedangkan senar nomor 3, 2, dan 1, bergantian dipetik oleh jari telunjuk, jari tengah dan juga jari manis. Lakukan secara berulang-ulang hingga jari-jari kamu terbiasa dan lentur dalam memetik senar gitar.

Leave a reply "Tips Belajar Gitar untuk Pemula"