Tips Agar Luka Bisa Cepat Kering dan Sembuh Total

No comment 55 views

Cara Agar Luka Cepat Kering

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara agar luka cepat kering sehingga anda bisa kembali beraktivitas normal. Sebagai manusia pastinya anda sudah pernah terluka, entah itu mengalami luka ringan, sedang, dan sampai yang parah. Luka ini banyak sumbernya mulai dari terjatuh dari sepeda, cedera, dan hal lain. Ketika terluka, pastinya anda ingin tahu bagaimana caranya agar cepat sembuh? Untuk itu silahkan simak penjelasan ini sampai selesai.

Sebelum anda mengetahui cara yang paling tepat agar luka bisa cepat sembuh, anda juga harus tahu kalau luka itu bisa sembuh secara bertahap. Jadi tidak kilat, sekali diobati langsung sembuh, kalau iya itu namanya sulapan. Ketika anda mengalami luka yang semakin parah, maka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan kesembuhan.

Ketika ada salah satu anggota tubuh yang terluka biasanya akan keluar darah. Nah, darah ini kemudian akan mengering dan membentuk lapisan seperti kerak. Ini adalah sistem kekebalan tubuh yang berusaha melindungi luka agar tidak infeksi. Selain itu ada lagi luka yang terlihat membengkak merah dan biasanya akan keluar cairan bening pada area luka. Fungsi cairan bening ini adalah untuk menjaga luka akan tetap bersih. Nah, bagaimana caranya agar luka bisa cepat kering ?

  1. Sebelum melakukan penanganan luka, pastikan tangan anda sudah bersih agar tidak ada kotoran yang menempel. Baru silahkan bersihkan semua kotoran yang menempel pada luka dengan menggunakan air mengalir.
  2. Tekan dengan lembut menggunakan kain bersih agar berhenti pendarahan. Kalau sudah berhenti, perban luka agar tetap terjaga kelembabannya dan tidak terkena kotoran.
  3. Ganti balutan perban anda agar luka tetap bersih dan agar tidak sampai infeksi. Tutup luka anda dan pastikan sampai sembuh.
  4. Jangan sampai anda menggaruk di area luka yang terasa sangat gatal. Untuk mengatasi gatal ini anda bisa oleskan es batu di sekitar luka agar rasa gatal ini reda.
  5. Periksakan ke dokter ketika luka anda tidak kunjung sembuh.

Demikianlah penjelasan mengenai cara agar luka cepat sembuh. Kalau anda ingin menambah informasi yang lebih lengkap maka anda bisa kunjungi situs  www.guesehat.com. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan anda dalam merawat luka dengan benar.

Leave a reply "Tips Agar Luka Bisa Cepat Kering dan Sembuh Total"