Tidak Semua Batuk itu Gejala Covid-19

No comment 79 views

apa itu covid-19

Anda pasti sudah tau betul apa itu covid-19? Yah, covid-19 adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti saat ini oleh orang-orang di seluruh dunia. Penyebaran juga sangat cepat dan bisa terjadi tanpa disertai dengan gejala. Nah, salah satu gejala yang dirasakan apabila terinfeksi covid-19 adalah batuk. Eitsss… namun bukan berarti, semua batuk itu menunjukkan itu gejala covid-19, Ya!. Bisa jadi itu hanyalah batuk biasa ja, jadi sebaiknya Anda jangan panik dulu ketika mengalami batuk-batuk.

Batuk merupakan tanda bahwa tubuh sedang melakukan pertahanan terhadap serang penyakit. Biasanya penyakit yang menimbulkan batuk telah menginfeksi saluran tenggorokan, sehingga membuat saluran pernafasan menjadi ter-iritasi. Ada banyak sekali penyakit yang bisa menimbulkan batuk-batuk. Setiap penyakit akan menunjukkan gejala batuk yang berbeda-beda. Nah, kondisi yang berbeda seperti inilah yang akan menjadi penentu pengobatan seperti apa yang bisa dilakukan.

Ada dua tipe batuk yang biasanya terjadi ketika seseorang terserang penyakit, diantaranya yakni:

  1. Batuk berdahak

Batuk berdahak biasanya akan terjadi jika seseorang terserang penyakit flu. Biasanya ketika seseorang mengalami batuk berdahak, frekuensi batuk akan menjadi lebih sering. Selain itu, sesuai dengan namanya, batuk ini juga disertai dengan adanya lendir atau dahak yang menempel pada tenggorokan. Sehingga akan memberikan rasa yang tidak nyaman saat bernafas ataupun menelan ludah (seperti ada yang mengganjal).

  1. Batuk Kering

Yang menjadi pembeda antara batuk berdahak dengan batuk kering tentu adalah lendir yang terdapat pada saluran tenggorokan. Dimana batuk kering tidak terdapat lendir yang membuat kesulitan untuk menelan. Namun pada batuk kering biasanya akan disertai dengan rasa gatal dibagian tenggorokan, sehingga Anda harus lebih sering minum agar tenggorokan tetap dalam kondisi basah.

Batuk kering memang lebih susah dikendalikan dibanding dengan batuk berdahak. Hal ini dikarenakan infeksi yang terjadi sering menimbulkan iritasi (luka) dibagian tenggorokan. Batuk kering biasanya terjadi akibat radang tenggorokan, radang amandel, debu atau asap, asma ataupun alergi.

Lantas mengenai covid-19 apakah ada kaitannya dengan batuk? Menurut informasi dari badan kesehatan dunia. Batuk akibat covid-19 adalah tipe batuk kering. Namun bukan berarti ketika Anda mengalami batuk kering anda pasti terkena covid-19. Tentunya masih ada gejala lain yang menyertainya, diantaranya yakni; demam, kelelahan, hilang nafsu makan, sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung tersumbat dan sesak nafas. Akan tetapi untuk memastikannya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis, bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Leave a reply "Tidak Semua Batuk itu Gejala Covid-19"