Suhu Tubuh Normal Pada Bayi dan Cara Mengeceknya

No comment 108 views

Demam pada bayi memang suatu hal yang sering terjadi. Biasanya saat bayi demam, bayi akan rewel dan lebih sering menangis. Nah! Jika sudah begini, orang tua biasanya akan panik dan langsung membawa buah hatinya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang cepat. Namun tahukah Anda, sebenarnya Anda tidak perlu terburu-buru membawa bayi Anda ke rumah sakit bila Anda merasakan peningkatan suhu pada bayi Anda. Bisa jadi itu termasuk kondisi yang biasa, karena suhu normal bayi tentu tidak sama dengan kita orang dewasa. Lantas, berapakah suhu normal pada bayi yang sebenarnya?

Berapakah Suhu Normal Pada Bayi

Menurut sejumlah jurnal medis, suhu tubuh normal pada bayi berkisar antara 36,5°C hingga 37,5°C atau sekitar 1 s/d 2 derajat lebih tinggi dari suhu normal tubuh orang dewasa. Dengan kata lain, saat Anda mendapati si kecil lebih panas dari biasanya. Jangan terburu-buru untuk membawa kerumah sakit atau memberikan minum obat. Yang orang tua harus lakukan daalah memastikan berapa suhu tubuh si kecil dengan menggunakan termometer. Bila masih berada di rentang 37,5°C dan bayi Anda masih terlihat aktif, maka Anda hanya perlu memberikan minum ASI dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Oia, agar tidak salah dalam menggunakan termometer untuk mengontrol suhu tubuh si kecil. Ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu angka-angka yang ditunjukan oleh termometer berikut ini;

  • 38°C atau lebih – Bayi bisa dikatakan demam saat diukur menggunakan termometer melalui area dubur, telinga, atau dahi
  • 37,8°C atau lebih – Bayi bisa dikatakan demam saat diukur menggunakan termometer di oral
  • 37,2°C atau lebih – Bayi bisa dikatakan demam saat diukur menggunakan termometer melalui ketiak.

Selain melakukan pengecekan suhu melalui alat. Demam pada bayi juga bisa dirasakan melalui ciri-ciri fisiknya, misal;

  • Dahi, punggung, dan perut akan terasa lebih hangat saat disentuh menggunakan tangan
  • Tubuh bayi Anda tiba-tiba berkeringat, padahal ia sedang dalam kondisi tidur dan diruang yang sejuk
  • Selain itu biasanya pipi bayi juga akan lebih terlihat merah saat ia demam.

Cara melakukan pengecekan suhu tubuh bayi

Ada beberapa cara yang umum dilakukan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh bayi, diantaranya adalah;

1. Cek suhu melalui oral (mulut)

Pengecekan pertama bisa dilakukan lewat oral, yakni dengan menggunakan termometer khusus untuk mulut. Sebelum melakukan pengukuran, pastikan bayi Anda sudah diberi makan dan minum terlebih dahulu. Dan jedah waktu yang diperlukan setelah ia makan/minum adalah berkisar 15 menit atau lebih. Jika sudah waktunya, maka tinggal letakkan termometer tadi di bagian bawah lidah bayi, kemudian tutup mulutnya dengan bantuan tangan Anda. Biarkan termometer menyala dan bila sudah selesai membaca suhu tubuhnya, alat tersebut biasanya akan mengeluarkan bunyi. Segera tarik termometer dan perhatikan angka yang ditampilkan.

2. Cek suhu aksila (melalui ketiak)

Pengukuran suhu tubuh selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melalui ketiak (aksila). Nah! cara ini tidak memerlukan waktu yang lama, karena Anda bisa secara langsung meletakkan ujung termometer kepermukaan kulit ketiak si kecil. Namun sebelum ditempelkan, pastikan tidak ada kain yang menghalanginya, supaya termometer dapat membaca dengan akurat. Terakhir, tunggu hingga termometer berbunyi dan menunjukkan hasilnya.

Leave a reply "Suhu Tubuh Normal Pada Bayi dan Cara Mengeceknya"