Pengertian Revenue Stream dan manfaatnya

No comment 34 views

Setiap pelaku bisnis pasti memiliki sumber pemasukan tersendiri dari berbagai lini kegiatan usahanya. Nah, yang seperti ini juga biasa dikenal dengan istilah revenue stream. Istilah ini memang bukanlah sebuah hal yang asing lagi. Namun bagi yang masih awam dalam dunia bisni, mungkin akan bertanya-tanya, revenue stream itu apa? dan mengapa bisa menjadi sangat penting. Untuk menjawab hal ini, silahkan simak ulasan berikut.

revenue stream itu apa

Revenue stream adalah aliran pemasukan atau pendapatan dari suatu perusahaan yang diperoleh dari berbagai sumber. Dengan kata, revenue stream merupakan aliran dana perusahaan dmana uang yang diperoleh bisa berasal dari penjualan barang, penjualan aset, investasi, dan sumber-sumber lainnya.

Jenis pendapatan yang dicatat dalam laporan keuangan bergantung pada jenis kegiatan yang dilakukan. Umumnya, pendapatan bisnis ritel sumbernya lebih beragam dibandingkan bisnis yang menyediakan jasa.

Dalam makna lain, revenue stream juga bisa diartikan sebagai kegiatan transaksi yang dilakukan secara berulang untuk mendapatkan keuntungan secara kontinyu. Akan tetapi agar bisa memperoleh pendapatan yang sesuai dengan target, maka setiap bisnis harus memperhitungkan segala aspek termasuk ketertarikan pasar atas sesuatu.

Manfaat Revenue Stream

Tidak semua perusahaan menerapkan revenue stream. Namun, bagi yang ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Manfaat revenue stream adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai Kunci Indikator Performa Dalam Berbisnis

Setiap perusahaan memiliki analisis keuangan untuk bisa mengenali aliran pendapatan yang berbeda, dari mana uang kas perusahaan didapat, dan mampu menginterpretasikan angka pendapatan dalam laporan keuangan.

Ketika seorang analisa atau auditor keuangan melihat laporan keuangan perusahaan, maka angka pendapatan tersebut jadi menunjukkan jumlah yang diperoleh perusahaan ketika barang atau jasa terjual.

  1. Diperlukan Untuk Peramalan Model Pendapatan yang Berbeda

Model pendapatan yang dipakai perusahaan bisa berbeda-beda, namun seorang analisis keuangan harus bisa mengembangkan model peramalan berbeda serta melaksanakan prosedur yang juga berbeda. Tujuannya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan ketika melakukan peramalan keuangan.

Bagi perusahaan dengan aliran pendapatan berulang, model peramalannya harus punya struktur dan pola yang seragam dalam memprediksi pendapatan. Ada kemungkinan model peramalannya terlihat berbeda setiap bulannya, dikarenakan pembaruan proyek yang berjalan terus menerus dan terdapat beragam faktor risiko di dalamnya.

  1. Memprediksi Penjualan

Perusahaan yang menerapkan revenue stream membantu memahami sifat dari pendapatan karena bisa diprediksi. Hal ini memungkinkan bagi pemilik bisnis dalam memperkirakan penjualan dan pendapatan yang didapat melalui aliran yang tepat.v

  1. Memahami Performa Dari Sumber Perolehan Pendapatan

Menganalisis revenue stream memberikan wawasan yang berharga mengenai bagaimana performa aliran pendapatan, apakah itu menguntungkan untuk bisnis kamu atau tidak.

  1. Membantu Membuat Strategi

Revenue stream adalah aliran pendapatan yang memungkinkan perusahaan untuk menganalisis pendapatannya ke depan. Dengan begitu, perusahaan jadi dapat mempersiapkan strategi agar memastikan pendapatan yang dihasilkan terus bertumbuh.

Leave a reply "Pengertian Revenue Stream dan manfaatnya"