Objek Wisata Dekat Taman Bungkul

No comment 74 views
Taman Bungkul

 

Taman Bungkul merupakan sebuah area di Surabaya yang terletak di Jalan Raya Darmo, Surabaya. Di area ini berdiri sebuah taman yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat sejak lama. Taman bungkul memiliki luas area sekitar 900 meter persegi, dimana di dalamnya terdapat berbagai fasilitas pendukung yang cukup lengkap seperti amfiteater dengan luasan sekitar 33 M. Di dalam taman ini juga terdapat jogging track, arena bermain untuk anak-anak serta area untuk bermain papan luncur (skateboard). Di samping itu, di area taman ini terdapat akses internet nirkabel (hotspot) yang biasa digunakan oleh kawula muda sebagai tempat nongkrong yang asik.

Mengulas sedikit sejarah dengan keberadaan taman bungkul. Taman ini sebenarnya berasal dari nama seorang sepuh yang bernama Mbah Bungkul. Mbah bungkul adalah seorang ulama besar yang menyebarkan agama Islam di masa kerajaan Majapahit. Ia juga dikenal dengan julukan Ki Supo. Nah, untuk menghormati jasa-jasa beliau, maka di taman ini bersemayam jasad mbah Bungkul sehingga pada akhirnya tempat ini di kenal dengan nama taman bungkul.

Saat ini taman bungkul seolah-olah sudah menjadi jantung kota Surabaya. Pemerintah daerah, bahkan telah menetapkan taman bungkul sebagai taman wisata bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota Surabaya. Di taman ini juga sering di gelar pertunjkkan hiburan serta kebudayaan, sehingga wajar saja jika taman ini selalu ramai di kunjungi masyarakat dari dalam maupun luar kota. Dari tempat ini juga, banyak terdapat objek wisata lain yang bahkan sudah terkenal se-antero kota Surabaya. Berikut ini beberapa objek wisata yang berada dekat dengan taman bungkul.

1. Mirota Batik

Berlibur ke Surabaya tentu tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan aktifitas belanja produk-produk kerajinan khas Surabaya. Nah, salah satu yang paling terkenal dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh tentu adalah kain Batik khas Surabaya.

Bila ingin membeli kain Batik Surabaya atau souvenir lainnya, dapat berkunjung ke Mirota Batik yang terletak di Jalan Bawean no 17, Surabaya (sekitar 0,8 km dari Taman Bungkul). Berbagai souvenir khas Surabaya maupun dari daerah lain di Indonesia terdapat di tempat ini. Mulai dari ukiran kayu, kain batik, kerajinan perak, perhiasan dan batu akik juga tersedia dia disini. Dan yang paling diburu oleh wisatawan tentu adalah baju/kain batik dan juga tas kulit. Tak hanya itu saja, bagi Anda kolektor perangko maupun uang kuno, Anda juga bisa menemukan barang yang Anda cari di tempat ini.

2. Monumen Perjuangan POLRI

Monumen kebanggaan arek Suroboyo ini terletak di Jalan Darmo, Surabaya  (0 km dari Taman Bungkul). Monumen ini melambangkan kejayaan polisi dan perjuangan POLRI di masa lalu. Karena keistimewaan monumen inilah, banyak warga yang datang untuk bersantai maupun berfoto bersama monumen yang penuh sejarah.

Di bagian depan monumen Perjuangan POLRI, terdapat gedung yang berarsitek jaman Belanda. Gedung tua itu dahulu digunakan sebagai kantor Polisi Polresta Surabaya. Namun kini bangunan gedung tersebut sudah tidak digunakan lagi sebagai kantor Polisi melainkan dijadikan kantor Perusahaan Rokok milik Wismilak. Namun biarpun sekarang sudah tidak digunakan lagi sebagai kantor Polisi, arsitektur Gedung tua ini masih tetap terjaga keasliannya.

3. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Tak jauh dari taman bungkul atau sekitar 1,3 KM menuju Jalan Raya Gubeng, Surabaya, terdapat objek wisata lain yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, yakni Monumen Kapal Selam (Monkasel).  Monumen kapal selam ini dibangun sebagai wujud penghormatan terhadap jasa pahlawan yang telah berjuang mempertahankan irian barat dengan menggunakan kapal selam. Untuk dapat memasuki kapal selam ini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket sebesar 15 ribu per orang. Dan biaya ini sudah termasuk fasilitas menonton video tentang sejarah kapal selam ini. Jadi selain bisa menikmati bagaimana sensasinya menaiki kapal selam, anak-anak juga bisa mendapat edukasi terkait sejarah monumen ini dibangun.

Leave a reply "Objek Wisata Dekat Taman Bungkul"