Menu Makanan dengan Gizi Seimbang Untuk Balita

No comment 163 views
Gizi Seimbang Pada Balita

 

Di usia balita, si kecil membutuhkan lebih banyak lemak ketimbang serat. Lemak diperlukan oleh tubuhnya untuk menambah bobot tubuhnya. Dengan lemak yang tercukupi dengan baik dan ditambah lagi dengan pemenuhan gizi seimbang pada balita, akan membuat pertumbuhannya menjadi lebih optimal.

Selain lemak, asupan gizi lain juga harus diperhatikan oleh orang tua saat menyajikan menu makanan untuk si kecil. Pemberian asupan gizi juga harus memperhatikan periode perkembangan fisik dan mentalnya. Pada usia balita, otak si kecil lebih siap untuk menghadapi stimulasi positif untuk belajar berjalan, berbicara, hingga hal-hal lainnya. Maka dari itu, pemberian nutrisi yang tepat harus terus dilakukan seiringan dengan pertumbuhannya. Nah berikut ini adalah menu makanan yang bisa diberikan untuk menjaga kebutuhan gizi si kecil tetep tetap dalam kondisi seimbang.

  1. Gula & Garam

Pemberian gula dan garam pada menu makanan si kecil sebenarnya dapat dilakukan. Hanyanya untuk jumlahnya (banyaknya) tidak boleh melebih 1/6 jumlah maksimum untuk orang dewasa. Atau dengan kata lain, jumlah tersebut setara dengan1 gram sehari. Maka dari itu, makanan untuk orang dewasa tidak cocok diberikan pada balita, karena mengandung terlalu banyak garam dan gula. Bahkan yang lebih tidak cocok lagi adalah makanan orang dewasa mengandung bahan pengawet serta pewarna buatan.

  1. Daging, ikan, telur, kacang, dan sumber protein non-susu lainnya

Bahan-bahan makanan ini mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil. Kacang-kacangan, daging, ikan dan telur mengandung banyak zat besi dan seng yang dapat membuat tubuh si kecil menjadi lebih kuat. Pemberian bahan makanan ini dapat dilakukan sebagai pendamping makanan utamanya (nasi), dengan frekuensi pemberian setidaknya dua kali per minggu.

  1. Buah dan sayuran

Aneka jenis buah dan sayuran pada dasarnya banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh si kecil terutama vitamin, mineral dan sedikit serat. Asiknya, buah dapat dikonsumsi langsung tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Sedangkan sayuran bisa disajikan dengan cara mencampurkannya pada makanan si kecil atau dengan mengolahnya menjadi jus terlebih dahulu, sehingga dengan begitu si kecil lebih mudah untuk menikmatinya. Nah, waktu terbaik untuk pemberian buah dan sayuran adalah di pagi hari. Karena pada saat itu, tubuh lebih aktif bekerja untuk mengubah asupannya menjadi tenaga.

Leave a reply "Menu Makanan dengan Gizi Seimbang Untuk Balita"