Mengenal Disentri dan Obat Disentri Untuk Anak

No comment 87 views
Obat Disentri

 

Disentri merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang sistem pencernaan kita. Disentri dapat di alami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Hanya saja pada anak-anak, disentri bisa menjadi suatu penyakit yang cukup serius, sehingga harus dengan segera diberi obat disentri yang aman untuk anak-anak.

Meski sudah tidak asing lagi di dengar, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui tentang penyakit disentri ini. Padahal mengetahui tentang penyakit ini sangat dianjurkan, agar ketika anak Anda mengalami disentri, bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. Karena bila terjadi pada anak-anak, dan terlambat mendapatkan penanganan, maka dapat menyebabkan hal fatal. Maka dari itu, orang tua harus tau dan peduli dengan penyakit yang satu ini

Disentri adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan (usus). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menempel pada makanan (jajanan) yang di makan oleh anak-anak. Bakteri yang masuk ke sistem percernaannya akan menimbulkan diare yang berlendir dan juga berdarah. Sekilas penyakit ini memang tidak terdeteksi, karena gejala awal disentri hampir mirip dengan diare. Akan tetapi bila tidak segera ditangani dengan tepat, maka anak akan kehilangan cairan tubuh yang bisa mengancam jiwanya.

Gejala Disentri pada Anak-anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, disentri ditandai dengan diare yang mengandung lendir dan darah. Namun bukan hanya itu saja, ada beberapa gejala lain yang tampak pada anak-anak. Diantaranya demam dan tenesmus.

Diare yang berlebihan dapat menimbulkan tenesmus, yang ditandai dengan rasa nyeri yang luar biasa pada bagian perut yang melilit. Nyeri yang terjadi biasanya sangat sulit terdeteksi oleh orang tua, lantaran anak-anak masih belum bisa untuk menjelaskan kondisi tubuhnya secara pasti. Namun biasanya akibat rasa sakit yang ditimbulkan, akan membuat anak-anak menjadi cengeng, rewel dan berbagai ekspresi lain yang kadang membuat orang tua menjadi bingung. Belum lagi, akibat dari tenesmus ini tak jarang menimbulkan demam, yang membuat orang tua menjadi semakin panik.

Cara Mengobati Disentri Pada Anak

Untuk penyakit yang cukup serius ini, memang tidak ada pilihan lain bagi orang tua selain memberikan obat disentri yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya obat yang akan diberikan adalah obat antibiotik untuk membunuh bakteri atau kuman penyebab disentri. Yang perlu diperhatikan, jangan pernah memberikan obat untuk disentri tanpa melalui pemeriksaan. Sebab, pemberian obat yang tidak tepat justru akan membuat bakteri ini menjadi semakin kuat, sehingga akibatnya aan semakin sulit untuk disembuhkan.

Semasa pengobatan berlangsung, orang tua juga bisa memberikan perawatan untuk anak di rumah. Anak yang mengalami disentri, sudah sepatutnya mendapatkan perlakuan khusus dari orang tua, dengan memperhatikan pola makan dan apa saja yang boleh di makan sesuai petunjuk dokter.

Makanan terbaik untuk anak-anak yang menderita disentri, haruslah makanan dengan tekstur yang lunak. Makanan yang lunak sangat membantu untuk mempermudah proses pencernaannya, sebab kondisi usus saat itu masih luka dan belum bisa bekerja keras untuk mencerna makanan padat. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan makanan yang mengandung protein tinggi untuk mempercepat penyembuhannya.

Selanjutnya beri perhatian penuh pada anak-anak ketika masa penyembuhannya. Dan jangan lupa untuk selalu meng-kontrol perkembangan anak, terutama pada feses. Perhatikan dengan seksama, apakah feses masih berdarah atau sudah kembali normal. Jika selama beberapa hari belum ada perubahan yang berarti, sebaiknya lakukan kembali pemeriksaan pada dokter keluarga Anda.

Leave a reply "Mengenal Disentri dan Obat Disentri Untuk Anak"