Mengenal Definisi PPN Beserta Jenis dan Tarifnya

No comment 32 views

PPN adalah

PPN adalah istilah yang erat kaitannya dalam dunia bisnis. Ketika membeli sesuatu mungkin Anda tidak asing dengan istilah PPN ini. Kata ini seringkali ditemui ketika melakukan transaksi baik di supermarket, membeli rumah, dan lain sebagainya. Jika Anda menekuni dunia usaha mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini. PPN menjadi salah satu istilah yang ada di dunia perpajakan. Para pelaku usaha tentu mengenal istilah dan seluk-beluknya.

Akan tetapi jika Anda masih pemula dalam dunia usaha maka diperlukan pengetahuan dasar seputar dunia pajak agar usaha yang sedang Anda rintis menjadi lancar tanpa kendala. Dengan membayar pajak menjadi salah satu cara untuk menjadi rakyat yang baik. PPN atau juga bisa disebut dengan Value Added Tax (VAT) menjadi salah satu hal yang seringkali dikenakan pada seseorang yang melakukan jual beli.

Definisi PPN

PPN adalah pungutan yang dibebankan pada seseorang atas transaksi yang diberikan. Baik perseorangan maupun seorang pengusaha yang kena pajak (PKP). Hal ini biasa ditemui pada pelaku usaha yang telah dikukuhkan menjadi PKP. Jika seseorang telah menjadi PKP maka orang tersebut wajib melaporkan dan berkewajiban untuk membayar pajak sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Sebagai seorang warga negara yang baik tentu sebagai pelaku usaha Anda harus taat membayar pajak agar usaha Anda tetap lancar dan tidak terjadi kendala apapun. Karena seorang PKP wajib membayar pajak sesuai dengan ketentuan. Jika hal ini tidak dilakukan maka Anda bisa dikenakan denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Besaran Tarif PPN

Setelah mengetahui apa itu PPN maka sekarang Anda perlu mengetahui besaran tarif PPN yang dibebankan pada PKP. Menurut UU No. 42 tahun 2009 pasal 7 tarif untuk PPN ditentukan sebesar 10 persen. Sedangkan untuk PPN sebesar 0% dibebankan pada ekspor barang yang kena pajak berwujud. Selain itu, ekspor barang kena pajak tidak berwujud juga kena PPN sebesar 0%. Ekspor jasa kena pajak juga diterapkan PPN sebesar 0%.

Tarif tersebut mungkin bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan pemerintah. Tarif pajak yang disebutkan pada ayat (1) bisa berubah menjadi 5 persen dan juga paling tinggi sebesar 15%. Penerapan PPN ini berlaku sesuai dengan peraturan pemerintah. Sebagai pelaku usaha tentu sudah menjadi kewajiban untuk mengetahui PPN merupakan  salah satu kewajiban yang harus dilakukan sebagai pelaku usaha.

Bagaimana Cara Menghitung PPN?

Untuk menghitung PPN tidak perlu bingung, apalagi jika Anda masih seorang pengusaha yang pemula. Cukup kalikan tarif pajak yang dibebankan pada Anda dengan DPP (Dasar Pengenaan Pajak). Anda bisa mengalikan tarif PPN yang berlaku dengan DPP.

Perhitungan PPN adalah suatu hal yang perlu diperhatikan. Jika Anda merasa kesulitan untuk menghitung PPN dan kasbon pada usaha Anda maka tidak perlu khawatir. Karena sekarang aplikasi BukuKas akan membantu Anda dalam hal menghitung pajak dan hal-hal mengenai keuangan usaha Anda. Untuk mendapatkan aplikasi ini cukup download di Apps Store atau Play Store dari smartphone Anda.

Leave a reply "Mengenal Definisi PPN Beserta Jenis dan Tarifnya"