Mengatasi Alergi Makanan Pada Anak

No comment 113 views

tahap tahap perkembangan anak

Mengamati tahap tahap perkembangan anak memang merupakan suatu hal yang mengasyikkan bagi setiap orang tua. Dengan mengetahui tahapannya, orang tua bisa memilah dan memilih apa yang baik untuk diberikan pada si kecil dengan yang tidak. Tumbuh kembangannya ini, sangat erat kaitannya dengan makanan yang ia makan. Maka dari itu, orang tua harus selektif dalam memberikan makanan pada si kecil. Jangan sampai makanan yang disajikan untuknya malah menimbulkan masalah seperti alergi. Sebab pada dasarnya, tidak semua anak dapat diberikan makanan secara bebas. Karea pada beberapa kasus, jenis-jenis makanan tertentu ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya alergi pada anak-anak.

Jika anak Anda termasuk yang memiliki pantangan alergi. Maka hindari memberikan makanan yang dapat memicu timbulnya alergi. Biasanya jenis makanan seperti telur, ikan dan susu, dapat menimbulkan alergi. Nah, jika si kecil sudah terlanjur di beri makanan yang dapat memicu alergi, berikut ini cara untuk mengatasi alergi makanan yang biasa terjadi di masa kanak-kanak.

  1. Berikan ASI

Konsumsi susu formula atau susu sapi yang diformulasikan memang sangat rentan memicu terjadi alergi pada anak-anak. Jika pemberikan susu formula menjadi penyebab alergi pada anak Anda, maka sebaiknya hentikan memberikan susu formula tersebut dan kembali meminum ASI (jika memungkinkan). Sebab, kandungan zat pada susu formula, tidak semuanya toleran dengan kondisi tubuh si kecil. Jika imun tubuhnya tidak kuat, maka yang terjadi adalah alergi.

  1. Tunda Memberikan Makanan Padat

Para ahli kesehatan anak berpendapat, dengan menunda memberikan makanan padat pada si kecil (MPASI) dapat membuat tubuh anak menjadi lebih kuat terhadap resiko alergi. Jadi sebaiknya, Anda menunda memberikan makanan padat saat ia berusia 6 bulan. Dan waktu terbaik untuk mengenalkan makanan padat pada si kecil adalah pada saat ia memasuki usia 12 bulan atau lebih.

  1. Berikan Makanan dengan Resiko Pemicu Paling Kecil

Setelah anak tidak lagi diberikan ASI, makanan utama yang paling direkomendasikan adalah bubur beras. Selain teksturnya yang lunak dan mudah di cerna, jenis makanan ini sangat minim resiko timbulnya alergi. Apalagi jika ditambah dengan buah-buahan dan sayuran. Maka Anda tidak perlu terlalu khawatir akan kemungkinannya terjadi alergi.

Leave a reply "Mengatasi Alergi Makanan Pada Anak"