Mengapa Saat Haid Terjadi Kram Perut

No comment 160 views

Kram Perut

Seringkali rasa kram perut saat haid yang terjadi sangat menyakitkan. Lalu sebenarnya kenapa kram perut saat haid bisa sangat menyakitkan? Simak pembahasannya berikut ini.

Menstruasi yang menyakitkan biasa dikenal dengan istilah dismenore. Beberapa gejala dismenore di antaranya meliputi kram atau nyeri perut bagian bawah, nyeri di punggung bawah, paha bagian dalam terasa ditarik, diare, mual, muntah, sakit kepala, dan pusing.

Untuk beberapa orang, dismenore dapat hilang dalam waktu singkat, meskipun tanpa diobati. Namun, ada juga di antara mereka yang harus minum obat tertentu untuk mengurangi rasa sakit akibat dismenore. Bahkan, ada juga yang tetap mengalami dismenore meskipun telah minum obat.

Nyeri perut saat menstruasi terjadi karena kontraksi di dalam rahim atau kandungan. Kontraksi otot rahim ini dipicu oleh hormon prostaglandin, yang kadarnya akan meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai.

Jika selama siklus menstruasi terjadi kontraksi yang terlalu kuat, hal tersebut bisa menekan pembuluh darah di dekatnya, sehingga dapat memotong suplai oksigen ke dalam rahim. Akibatnya, rendahnya level oksigen dalam rahim bisa menyebabkan munculnya rasa sakit dan kram.

Namun, tak semua penyebab nyeri perut saat menstruasi diakibatkan oleh proses normal saat haid. Ada kalanya muncul penyebab lain yang mendasari rasa sakit di perut selama haid. Berikut ini beberapa penyebab nyeri perut saat haid yang sering terjadi:

  • Sindrom pramenstruasi (PMS), sindrom ini normal terjadi satu sampai dua minggu sebelum menstruasi dimulai dan biasanya hilang setelah menstruasi terjadi.
  • Endometriosis, kondisi medis yang terjadi karena sel-sel dari lapisan rahim tumbuh di bagian tubuh yang lain, biasanya di tuba falopi, ovarium, atau jaringan yang melapisi panggul, sehingga menimbulkan rasa sakit.
  • Fibroid rahim, merupakan tumor non-kanker yang dapat memberi tekanan pada rahim atau menyebabkan nyeri haid yang tidak normal.
  • Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dimulai di rahim dan bisa menyebar ke organ reproduksi lainnya. Infeksi ini akan menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan radang pada organ reproduksi.
  • Adenomiosis, merupakan kondisi langka di mana lapisan rahim tumbuh ke dinding otot rahim dan bisa terasa sakit karena menyebabkan pembengkakan dan tekanan.
  • Penyempitan serviks, merupakan kondisi langka di mana serviks sangat kecil sehingga memperlambat aliran menstruasi, menyebabkan peningkatan tekanan di dalam rahim sehingga menyebabkan rasa sakit.

Hanya wanita yang merasakan dan tau bagaimana sakit dan tidak nyamannya saat terjadi haid. https://ifreeindonesia.com/laki-laki-apakah-kalian-tahu-bagaimana-rasanya-ketika-kram-haid/ para laki-laki tidak akan bisa membayangkan rasa tidak nyaman dan sakitnya kram perut saat wanita sedang haid. Kunjungi https://ifreeindonesia.com/ untuk bisa terbebas dari sakitnya kram saat haid.

Leave a reply "Mengapa Saat Haid Terjadi Kram Perut"