Ini Dia 7 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Tubuh

No comment 70 views

Manfaat Daun Katuk

Istilah daun katuk mungkin sudah tidak begitu asing lagi di telinga Anda. Mengingat ia kerap kali dikonsumsi oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri mudah untuk menjumpai tumbuhan yang satu ini, umumnya ia tumbuh pada ketinggian sekitar 2.100 meter di atas permukaan laut dengan tingginya antara 2 hingga 3 meter. Ia juga tersusun secara selang-seling pada sebuah tangkai. Tanaman yang satu ini mengandung banyak sekali senyawa bermanfaat seperti diantaranya adalah vitamin, fosfor, zat besi, kalsium, protein dan masih banyak lagi diantaranya.

Begitu juga jika berbicara mengenai manfaat daun katuk ini yang begitu banyak, bahkan tak jarang beberapa orang yang memang memiliki masalah dengan kesehatan mereka, memilih alternatif pengobatan alami atau herbal dengan menggunakan daun katuk tersebut. Apalagi ia termasuk satu-satunya jenis tanaman lokal yang memiliki kadar klorofil begitu tinggi. Berikut ini diantaranya beragam manfaatnya untuk kesehatan yang patut diketahui, yaitu:

  1. Mengobati anemia, anemia merupakan sebuah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Sehingga menyebabkan mudah sekali lemas, ngantuk dan juga kulit menjadi lebih pucat. Kandungan zat besi yang begitu tinggi di dalam daun katuk ini bisa Anda manfaatkan sebagai sumber pengobatan alami. Yaitu dengan cara mengonsumsinya, direbus sebentar ataupun juga di tumis dengan sayuran lain. Ia juga berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan zat-zat makanan dalam tubuh, sehingga juga dapat menghambat terjadinya penyakit kronis yang ada pada pembuluh darah.
  2. Dapat meningkatkan sistem imuns, kandungan vitamin C yang ada di dalam daun katuk ini juga terbilang tinggi, dimana Anda sendiri pastinya juga tahu bahwa vitamin ini kaya akan antioksidan yang sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga nantinya tak mudah terserang penyakit, juga bisa membantu penyembuhan demam sampai dengan influenza.
  3. Menjaga kesehatan mata, vitamin A yang ada di dalam daun katuk tak kalah tinggi, dimana vitamin terbaik yang satu ini dapat meningkatkan kesehatan mata dan juga dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel yang ada pada mata Anda.
  4. Membantu meningkatkan vitalitas pria, sedangkan bagi kaum adam khasiat yang akan Anda rasakan dengan rutin konsumsi daun katuk ini adalah bisa membangkitkan vitalitas. Juga kualitas sperma akan jauh lebih meningkat. Karena memang ia kaya akan kandungan senyawa fitokimia.
  5. Bagus untuk kesehatan tulang, daun katuk juga mengandung kalsium yang kadarnya cukup tinggi, sehingga bagus untuk jaga kepadatan tulang. Hal ini bagus untuk cedag osteoporosis, khususnya adalah pada wanita yang sudah berusia lanjut.
  6. Meningkatkan produksi asi, bagi wanita yang sedang menyusui, maka dengan mengonsumsi daun katuk secara rutin ini juga bagus karena bisa memperlancar asi. Hal ini disebabkan sebuah senyawa yang ada di dalam daun katuk tersebut yang dapat meningkatkan ekspresi hormon prolaktin dan juga oksitoksin yang memang sangat berpengaruh terhadap produksi asi.
  7. Mempercepat penyembuhan luka, senyawa di dalam daun katuk juga berfungsi untuk mempercepat terjadinya penyembuhan luka, sehingga lebih cepat menutup dan juga tidak akan menimbulkan bekas.

Dengan beragam manfaat daun katuk tersebut maka tak ada salahnya bagi Anda jika ingin budidaya di pekarangan rumah, sehingga kapanpun membutuhkannya maka tinggal ambil saja. Apalagi ia juga kerap kali dijadikan sebagai lalapan maupun juga di tumis dengan beberapa jenis sayuran lain, rasanya tak kalah enak dengan manfaat yang sangat menakjubkan.

Leave a reply "Ini Dia 7 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Tubuh"