Macam-macam Investasi Resiko Rendah

No comment 32 views

Tidak bisa dipungkiri jika setiap orang pasti menginginkan kondisi hidup yang nyaman, tenang dan serba berkecukupan di masa tuanya nanti. Jika hanya mengharapkan gaji saja, mungkin akan terasa sulit bagi sebagian orang untuk memenuhi kebutuhannya di masa mendatang yang memang cenderung akan mengalami laju kenaikan. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berinvestasi sejak dini. Yah! Investasi merupakan salah satu tren berkembang dalam dunia bisnis global. Modalnya juga tidak harus besar! Dengan modal yang ada saat ini saja, Anda pun sudah bisa bergabung dalam kelompok investasi dengan tingkat resiko rendah, seperti investasi reksadana. Investasi jenis ini memang sedang digandrungi oleh banyak orang, terutama dari kalangan muda yang mempunyai impian besar di masa mendatang.

Macam-macam Investasi Resiko Rendah, Investasi Reksadana

Oia, untuk sebelum lebih jau membahas investasi. Berikut ini ada beberapa macam investasi dengan tingkat resiko rendah yang perlu Anda ketahui;

1. Logam Mulia

Logam mulia atau yang juga akrab disebut dengan emas LM memang paling banyak diminati sebagai bentuk investasi dengan tingkat resiko yang paling rendah. Mengapa demikian? Karena emas mampu melewati masa inflasi. Bahkan jika semakin lama di simpan, maka nilainya akan mengikuti nilai mata uang saat ini.

Untuk berinvestasi logam mulai, Anda juga bisa memulai dengan memilih ukuran yang paling mini yakni 0.025 gram. Namun jika Anda memiliki kemampuan finansial lebih, alangkah baiknya investasi emas di mulai dari gramasi 1 gram. Dan hindari untuk menyimpan emas dengan kepingan diatas 25 gram, karena dikhawatirkan, saat Anda dalam kondisi ‘terjepit’ dan membutuhkan dana cepat, akan sulit untuk menjualnya secara instan.

2. Reksadana Pasar Uang

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa produk reksadana adalah salah satu jenis investasi yang minim resiko. Saat Anda bergabung pada reksadana pasar uang, mereka yang diberi kuasa untuk mengelola uang Anda akan meletakkan investasi pada produk investasi lain yang memiliki resiko lebih besar namun dengan jatuh tempo di bawah satu tahun. Biasanya, sih! paling banyak diinvestasikan ke deposito atau surat berhaga lainnya.

Yang asiknya dari investasi reksadana ini adalah modal yang dibutuhkan tidak besar. Bahkan ada perusahaan yang mematok investasi mulai dari Rp 10 ribu saja, dengan jangka waktu yang fleksibel. Namun jika Anda mengharapkan keuntungan yang besar, maka Anda harus menyesuaikan dengan dana bebas yang Anda miliki. Karena keuntungannya bisa mencapai 20% per tahun, loh! Oia, satu hal lagi, keuntungan dari reksadana yang Anda peroleh tidak dikenakan pajak lagi. Sehingga 20% keuntungan tersebut adalah benar-benar milik Anda. Sangat menarik bukan!

3. P2P Lending.

Produk investasi lainnya yang rendah resiko dan cukup tinggi peminatnya adalah Peer to Peer Lending (P2P). Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai investasi ini sangat rendah, Anda hanya perlu berinvestasi mulai dari Rp 100 ribu saja, hingga nominal yang tidak dibatasi. Nantinya, data yang terhimpun dari perusahaan penyedia investasi P2P Lending akan dipinjam kepada pihak lain sebagai modal usaha. Biasanya dari usaha-usaha kecil menengah yang memang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya. Setelahnya, Anda akan mendapatkan bagi hasil sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan P2P Lending.

Leave a reply "Macam-macam Investasi Resiko Rendah"