Komponen Penting Sepeda Motor Balap

No comment 269 views
Sepeda Motor Balap

 

Pembalap, sudah pasti menjadi komponen utama dalam setiap laga balap motor. Namun, bukan berarti seorang pembalap menjadi satu-satunya penentu kesuksesan saat berlaga di sirkuit. Percuma saja jika pembalap mahir namun tidak di dukung dengan sepeda motor balap yang memadai. Ada beberapa dapat komponen yang mempengaruhi performa sepeda motor yang digunakan untuk balapan. Nah, jika komponen-komponen tersebut telah terpenuhi, maka sepeda motor dapat melesat dan melahap semua lap balapan hingga tiba di garis finish sebagai juara.

Lantas apa sajakah komponen-komponen yang harus dimiliki oleh sebuah motor balap? Untuk mengetahui hal ini, silahkan simak ulasannya berikut ini.

  1. Suspensi

Suspensi merupakan salah satu komponen penting sepeda motor agar dapat memiliki performa yang baik dilintasan. Anda dapat memodifikasi kaki-kaki motor ini sehingga nyaman digunakan saat berkendara. Settingan suspensi yang sesuai dengan motor balap harus mengikuti kondisi trek dan karakter pebalap itu sendiri. Jadi saat melakuan modifikasi suspensi, pastikan Anda juga terlibat didalamnya.

Adapun tahapan dalam setting suspensi ini terdiri dari mengecek tekanan angin pada ban, per kompresi rebound dan yang terakhir adalah preloud. Namun pastikan juga, suspensi yang diatur cukup di rentang 50:50 saja. Sebab akan percuma rasanya jika motor balap kencang namun tidak dapat dikendalikan. Yang ada justru akan menjadi masalah, saat laga tengah digelar.

Memodifikasi suspensi juga tak hanya berguna untuk mengatur kecepatan saja. Setting-an suspensi yang pas juga akan berpengaruh pada masa pemakaian ban. Ban akan menjadi lebih awet, sehingga dapat meminimalisirkan penggunaan ban.

  1. Rem

Komponen selanjutnya adalah rem. Rem berfungsi untuk mengendalikan motor saat melaju. Kondisi rem yang baik akan membuat pebalap dapat dengan mudah mengontrol kendaraan terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi. Sama halnya dengan pebalap, rem termasuk komponen yang sangat vital yang harus dipersiapkan dengan sebaiknya. Jadi percuma saja, jika motor dapat melaju dengan kencang, namun laju tidak dapat di tahan, yang ada justru akan menjadi menyebabkan kecelakaan. Maka dari itu, yang pernah menganggapnya sebelah mata.

  1. Ban

Melaju dengan kecepatan tinggi dalam menyebabkan ban menjadi lebih cepat aus. Jadi, sebaiknya persiapkan segala sesuatu secara tepat, agar tidak menimbulkan masalah ketika laga sedang digelar. Biasanya pemakain ban pada olahraga balap motor, sangat ditentukan dari kondisi sirkuit. Untuk yang satu ini, mekanik lebih tau betul, ban motor seperti apa yang dapat digunakan pada sirkuit. Dipabrikannya sana, banyak jenis ban yang diproduksi. Ban untuk trek basah tentunya berbeda dengan ban yang digunakan pada trek kering. Jadi pastikan Anda menggunakan ban yang sesuai dengan kondisi trek saat Anda berlaga nanti.

Hal yang tak kalah penting diperhatikan adalah, penggunaan ban untuk latihan mapun saat perlombaan haruslah berbeda, namun tetap dalam spesifikasi ban yang sama. Maka dari itu, selalu persiapkan ban-ban yang cukup, untuk digunakan saat latihan maupun saat perlombaan.

  1. Stang

Apa jadinya jika motor balap melaju tanpa adanya stang? Sepertinya itu tidak akan mungkin bisa dilakukan. Benar saja, stang juga salah satu komponen penting dari sebuah motor balap. Tanpa adanya stang mustahil motor bisa melaju dan berbelok. Biasanya pebalap akan melakukan modifikasi pada stang, sehingga memiliki bentuk yang aerodinamis. Mengatur ketinggian stang juga bisa dilakukan untuk mendapatkan posisi pegangan yang sesuai dan nyaman.

Leave a reply "Komponen Penting Sepeda Motor Balap"