Jenis-Jenis Tabungan, Selain Tabungan Usaha

No comment 70 views
Tabungan Usaha

 

Dalam setiap usaha, seseorang sudah selayaknya memiliki tabungan khusus yang akan membantu untuk menyusun setiap laporan keuangan, entah itu uang keluar maupun uang masuk dengan baik. Tabungan khusus ini bisa berupa tabungan usaha atau sejenisnya. Dimana tabungan tersebut hanya dikhususkan untuk transaksi keluar masuknya uang perusahaan.

Sebenarnya fungsi tabungan usaha ini tidak jauh berbeda dari jenis tabungan lainnya. Yakni sama-sama dapat digunakan untuk menyimpan uang. Hanya saja, sebaiknya tabungan usaha harus dibedakan dengan tabungan pribadi, agar laporan keuangan semakin jelas dan mudah dicatat. Sebuah perusahaan (usaha) yang baik, setidaknya memiliki beberapa tabungan yang berbeda. Biasanya mereka akan membuka beberapa rekening dari bank yang paling banyak digunakan orang untuk bertransaksi. Dengan memiliki beberapa tabungan usaha, maka proses transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Nah, selain tabungan usaha, sebenarnya ada beberapa jenis tabungan lagi yang perlu Anda miliki. Berikut beberapa jenis tabungan selain tabungan usaha yang mungkin Anda perlukan dikemudian hari.

1. Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional ini memang paling umum dimiliki oleh kebanyakan orang. Biasanya tabungan ini paling sering digunakan oleh orang untuk sekedar menyimpan uang. Selain itu, tabungan konvensional dilengkapi dengan fasilitas kartu ATM, sehingga siapa saja yang memegang kartu ini bisa melakukan penarikan uang dari mesin ATM kapanpun dia mau ambil dan dimanapun ia berada.

Biasanya orang yang memiliki tabungan konvensional ini hanya menjadikan tabungan tersebut sebagai alat penyimpanan sementara saja. Jadi manakala seseorang membutuhkan uang tunai untuk berbelanja atau untuk membayar keperluan lain. Ia hanya perlu mendatangi ATM terdekat untuk melakukan penarikan tunai. Sangat mudah dan praktis.

Pemilik tabungan konvensional ini biasanya akan memperoleh bunga sekitar 0,5%-2% per tahun, tergantung di bank mana ia membuka tabungan. Namun besar buang yang diperoleh belum dibebankan dengan biaya administrasi setiap bulannya.

2. Tabungan Berjangka dan Deposito

Sekilas, kedua tabungan ini memang terlihat sama. Namun jika Anda cukup paham keduanya, maka seharusnya Anda sudah tahu apa perbedaan dari kedua jenis tabungan ini. Tabungan berjangka biasanya diperuntukkan apabila Anda memiliki tujuan di masa mendatang, misalnya untuk keperluan pendidikan anak-anak. Jadi, dalam jangka waktu beberapa lama, Anda harus menabung sejumlah uang ke rekening tersebut. Dan setelah jatuh tempo berakhir barulah uang Anda bisa dicairkan untuk membiayai kebutuhan pendidikan anak Anda. Besar bunga yang diperoleh dari tabungan berjangka ini memang lebih besar ketimbang tabungan konvensional. Namun jika Anda membutuhkan tabungan untuk investasi maka lebih menguntungkan jika Anda membuka tabungan Deposito.

Tabungan deposito memang dikhususkan bagi Anda yang memiliki kelebihan uang, dimana dalam jangan waktu tertentu uang tersebut tidak mungkin untuk Anda gunakan. Jadi, daripada Anda hanya menabung konvensional, lebih baik menempatkan uang Anda ke tabungan deposito. Sebab, bunga yang diberikan dari tabungan deposito itu berkisar 3%-7% per tahun. Sehingga akan sangat menguntungkan jika Anda menjadi deposito sebagai investasi jangka pendek maupun jangka panjang.

3. Tabungan Anak

Untuk mengajarkan manfaat menabung pada anak, Anda bisa memperkenalkan menabung pada anak sejak usia dini. Dengan membuka tabungan anak setidaknya ia telah belajar disiplin dalam mengelola uang jajannya. Berbeda dengan tabungan konvensional, setoran minimal bulanan pada tabungan anak jauh lebih kecil dan juga biaya administrasi bulanannya yang lebih rendah.

Untuk menambah semangatnya menabung, Anda juga bisa membuatkan ATM atas nama anak Anda. Sehingga akan timbul rasa bangga pada dirinya, yang akan berefek pada semakin giatnya ia untuk menabung.

Leave a reply "Jenis-Jenis Tabungan, Selain Tabungan Usaha"