Waspada! Ini Penyebab Utama Penyakit Stroke

No comment 81 views

Stroke adalah salah satu penyakit yang paling patut Anda waspadai. Bahkan, stroke telah tercatat sebagai satu diantara banyaknya penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Penderitanya pun sangat beragam, tidak terbatas oleh pria ataupun wanita, tua ataupun muda, semua berpotensi terkena stroke. Penyebab utama penyakit stroke bisa dikarenakan penyumbatan pembuluh darah ataupun akibat pembuluh darah yang pecah. Sehingga suplai darah ke otak menjadi terganggu. Akibat gangguan tersebut, nutrisi dan oksigen tidak sampai ke jaringan otak. Dan dalam beberapa menit saja sel-sel otak akan mati.

Penyebab Utama Penyakit Stroke

Gejala Penyakit Stroke

Oleh karena begitu berbahayanya penyakit ini, Anda sebaiknya paham tentang gejala penyakit stroke. Dengan mengetahui gejala-gejalanya, dapat meminimalisir hal-hal fatal bisa Anda/seseorang mengalami stroke. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa gejala penyakit stroke yang bisa dirasakan;

  1. Sakit kepala yang hebat yang muncul secara tiba-tiba dan disertai rasa mual serta penurunan kesedaran;
  2. Kebas terutama di bagian wajah, lengan dan kaki. Biasanya ini muncul secara mendadak dan dibarengi dengan kelemahan pada satu sis tubuh saja. Dan tak jarang terjadi keluhan mulut mencong;
  3. Gangguan berbicara, hingga orang lain untuk menerjemahkan maksudnya;
  4. Daya penglihan berkurang, pandangan buram atau menjadi ganda;
  5. Keseimbangan tubuh terganggu sehingga sulit untuk berjalan secara normal.

Penyebab Munculnya Penyakit Stroke

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, bahwa penyakit stroke timbul karena masalah pada sistem pembuluh darah. Namun secara spesifik, stroke bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti hipertensi hingga karena adanya benturan keras pada bagian tubuh yang sensitif. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai, berikut adalah hal-hal yang sering menjadi pemicunya;

1.  Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi menjadi penyebab utama seseorang yang mengalami stroke.  Biasanya orang dengan tekanan darah di atas 140/90 adalah yang paling beresiko mengalami ini. Orang yang tinggi tekanan darahnya biasanya memiliki gaya hidup yang tidak sehat, mengalami masalah ginjal karena sering mengkonsumsi obat-obatan secara berlebih.

2.  Merokok

Kebiasaan merokok juga menjadi faktor penyebab munculnya penyakit stroke. Kandungan nikotin yang ada pada rokok, dapat mendorong tekanan darah menjadi tinggi. Tak hanya itu saja, asap rokok yang masih ke dalam sistem pernafasan dapat memicu penimbunan lemak di arteri leher utama dan juga dapat mengentalkan darah. Sehingga orang yang merokok beresiko terjadi penggumpalan darah di sekitar otak.

3.  Penyakit Jantung

Orang yang sudah sejak awal bermasalah dengan jantung memang paling utama beresiko mengalami stroke. Kondisi jantung yang sudah lemah, sangat memungkinkan seseorang mengalami yang namanya gagal jantung. Apalagi pada penderita cacat jantung, infeksi jantung, dan sejenisnya, maka stroke sudah pasti menjadi ancaman yang nyata.

4. Diabetes

Orang dengan penyakit penyerta seperti diabetes pada dasarnya mengalami tekanan darah yang tinggi. Kondisi ini dapat merusak pembuluh darah, sehingga sangat beresiko mengalami stroke. Nah, bisa kondisi seseorang yang mengalami stroke di saat kadar gulanya sedang tinggi, maka besar kemungkinan sel-sel otaknya akan mengalami kerusakan yang lebih berat.

5. Kegemukan atau Obesitas

Pada umumnya, orang dengan berat badan yang berlebih memiliki tekanan darah yang lebih tinggi. Sehingga sangat beresiko mengalami stroke. Maka dari itu, Anda harus terus menjaga berat badan agar tetap ideal.

Leave a reply "Waspada! Ini Penyebab Utama Penyakit Stroke"