Cara Paling Ampuh Mencegah Ketiak Basah

No comment 91 views
Ketiak Basah

 

Aktifitas yang berat seperti berolahraga terkadang menimbulkan keringat yang dapat menyebabkan ketiak basah dan timbul bau tak sedap. Meskipun ini adalah hal yang biasa terjadi, namun pernah tidak kamu merasa, jika ketiak yang basah itu justru membuat kamu menjadi tidak pede? Bukan tanpa alasan, selain lengket, ketiak yang basah biasanya juga akan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Sedangkan saat itu, kamu harus beraktifitas lagi bersama dengan teman-teman kamu. Pastinya kamu tidak mau dong, teman-teman kamu menjadi terganggu karena aroma yang tak sedap keluar dari tubuh mu! Nah, bila sudah seperti ini, penggunaan deodorant pun seakan sudah menjadi hal wajib yang dapat menolong kamu untuk tetap bisa beraktifitas kembali.

Akan tetapi, penggunaan deodorant terkadang tidak cukup untuk mengatasi masalah ini. Anda membutuhkan hal-hal lain untuk mencegah agar ketiak tidak basah saat melakukan aktifitas yang berat. Nah, bila kamu adalah salah satunya yang sering mengalami hal ini, berikut cara ampuh untuk mencegah ketiak basah yang bisa kamu coba.

  1. Pakai antiperspirant

Jika penggunaan deodorant tidak mampu mencegah ketiak mu tetap kering. Maka memakai antiperspirant bisa menjadi pilihan tepat untuk menghalau bau akibat ketiak yang basah. Dengan menggunakan antiperspirant, akan menutup pori-pori ketiak sehingga keringat tidak mengucur deras dari tubuh kamu.

Yang perlu kamu perhatikan jika ingin menggunakan antiperspirant. Pilihan antiperspirant yang mengandung zat aluminium klorida yang lebih tinggi. Biasanya, kandungan aluminium klorida 13 persen saja sudah cukup ampuh untuk menjaga ketiak tetap kering. Dan penting juga kamu ingat bahwa menggunakan antiperspirant sebaiknya dilakukan ketika ketiak kamu masih dalam kondisi kering. Sebab, jika kamu gunakan sewaktu berkeringat, maka penggunaan antiperspirant tidak akan memberikan dampak yang berarti.

  1. Rajinlah mencukur rambut ketiak

Mencukur rambut ketiak secara berkala juga efektif untuk mengurangi keringat penyebab bau tak sedap. Selain itu, tanpa rambut ketiak, ketiak mudah kering sehingga dapat mencegah basah. Kamu juga bisa menggunakan antiperspirant untuk menjaganya agar tetap kering. Namun jangan langsung menggunakan antiperspirant sesaat setelah kamu bercukur, sebab rasanya akan sangat perih.

  1. Usai mandi, jangan langsung pakai baju

Kebanyakan orang langsung menggunakan baju ketika selesai mandi dan berhanduk. Sayangnya kebiasaan ini termasuk yang salah. Sebaiknya, begitu selesai mandi dan berhanduk, tunggu beberapa saat hingga tubuh benar-benar kering. Baru setelah itu, bisa mengenakan baju.

  1. Biasakan minum air putih

Minum air putih dengan pola minimal 8 gelas perhari, memang sangat efektif untuk menjaga tubuh kamu mengeluarkan keringat yang berlebih. Dengan sering meminum air putih, tubuh kamu akan lebih segar dan dingin, sehingga dapat mengurangi keluarnya keringat. Selain itu, keringat yang keluar dari kebiasaan kamu meminum air putih, biasanya tidak beraroma menyengat. Sehingga dapat mengurangi resiko bau badan yang tak sedap.

  1. Perbanyak makan sayur dan buah

Makan-makanan yang sehat juga sangat efektif untuk mengontrol keringat yang berlebih. Memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan jauh lebih baik ketimbang maka makanan yang pedas dan berlemak. Sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air, akan membuat kelenjar kelenjar keringat menjadi lebih tenang, sehingga keringat yang keluar tidak sampai membuat ketiak menjadi basah.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah ketiak basah dan menimbulkan bau tak sedap. Dan yang paling penting untuk kamu lakukan adalah, selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan begitu aktivitas kamu akan menjadi nyaman dan menyenangkan.

Leave a reply "Cara Paling Ampuh Mencegah Ketiak Basah"