Cara Mengusir Semut dari Rumah

No comment 106 views
Cara Mengusir Semut

 

Semut merupakan serangga yang berukuran sangat kecil yang bisa hidup dimana saja. Baik itu di alam liar maupun di dalam rumah, semut dapat membuat sarangnya sendiri dan berkembangbiak dengan sangat cepat. Meskipun bukan termasuk serangga yang berbahaya, namun kehadiran semut terkadang dapat menjadi sesuatu hal yang sangat menjengkelkan. Misalnya saja keberadaan semut hitam di dalam rumah. Jenis semut yang satu ini memang yang paling sering ditemukan di dalam rumah di banding jenis semut lainnya. Biasanya semut hitam akan hinggap di makanan dan minuman yang manis. Sehingga kehadirannya menjadi sangat mengganggu. Meskipun ada cara mengusir semut yang praktis, namun alangkah baiknya semut tidak perlu dimusnahkan dengan bahan kimia. Cara-cara alami saja, sepertinya sudah cukup untuk mengusir semut dan membuatnya tidak kembali lagi ke rumah Anda.

Nah, buat Anda yang kerab bermasalah dengan hal ini, berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir keberadaan semut dari rumah Anda.

1. Menggunakan dengan Daun Sirih

Daun sirih memang dipercaya sejak dulu mampu mengusir keberadaan serangga-serangga kecil termasuk semut. Bagi orang tua dulu, sirih biasa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat gigi dengan cara mengunyah-ngunyahnya. Namun kali ini Anda tidak perlu mengunyah-ngunyah sirih jika hanya ingin mengusir semut dari rumah Anda. Cukup dengan meremas beberapa lembar daun sirih hingga keluar aromanya. Kemudian tinggal meletakkannya pada tempat-tempat yang dihinggapi oleh semut ataupun di sekitaran sarang semut. Oleh karena aroma daun sirih yang kuat, semut akan merasa terganggu dengan aroma tersebut. Sehingga semut akan menjauh dari area yang terjangkau oleh aroma daun sirih tadi.

2. Menggunakan Bubuk Kopi

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir semut tanpa harus menyakiti adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi merupakan bahan dasar pembuatan minuman kopi yang sangat disukai oleh manusia. Namun tidak halnya dengan semut. Aroma khas kopi yang begitu nikmat, justru sangat di benci oleh semut. Sehingga dengan menaburkan bubuk kopi pada area yang menjadi sarang semut ataupun tempat semut hinggap, maka tak perlu menunggu waktu lama lagi, semut-semut akan menjauh dan pergi dari area tersebut.

3. Menggunakan Mentimun

Buah  yang biasa dijadikan minuman ataupun acar ini ternyata memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengusir semut dari rumah. Aroma mentimun yang sedikit langu (bahasa jawa) ternyata sangat tidak disukai oleh semut. Bila mencium aroma mentimun, semut-semut akan lebih memilih untuk pergi ataupun menjauh dari tempat hinggapnya.

Untuk mengusir semut dengan menggunakan mentimun, Anda hanya perlu meletakkan irisan mentimun pada tempat-tempat yang menjadi sarang semut. Atau bisa juga menaruhnya pada area yang sering dilalui oleh semut. Aroma mentimun akan mengusir semut, sehingga rumah Anda dapat bebas dari gangguan semut.

4. Menggunakan Baking Soda

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengusir semut adalah menggunakan baking soda. Bahan kue yang satu ini memang memiliki manfaat yang luar bisa untuk mengusir keberadaan serangga-serangga tak terkecuali semut. Aroma baking soda yang khas, dapat merusak sistem indra pada semut. Sehingga keberadaan baking soda, sering dianggap semut sebagai koloni yang telah mengusai area tertentu. Dengan manipulasi indra semut seperti ini, maka semut enggan menghampiri tempat-tempat yang sudah dibubuhi dengan baking soda. Jadi rumah Anda dapat terbebas dari gangguan semut maupun serangga kecil lainnya.

Leave a reply "Cara Mengusir Semut dari Rumah"