Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju dengan Mudah

No comment 61 views

Cara menghilangkan noda kuning

Cara menghilangkan noda kuning pada baju putih sebenarnya tidak begitu sulit. Namun sering sekali orang tidak sabar ketika mengalami masalah noda kuning di bajunya. Alhasil bukan malah berupaya untuk membersihkan, justru malah lebih memilih untuk tidak memakainya lagi dan menggantinya dengan baju yang baru.

Noda kuning biasanya paling sering dijumpai pada bagian leher dan ketiak baju. Noda kuning ini tidak muncul seketika, ada banyak sebab mengapa noda kuning bisa muncul pada bagian-bagian baju tertentu. Beberapa penyebabnya antara lain karena keringat yang bercampur dengan bakteri, serta penggunaan deodoran yang tidak memenuhi standart (kualitas buruk).

Perlu diketahui, bahwa untuk menghilangkan noda kuning di baju tidak sama halnya dengan menghilangkan noda bekas makanan pada makanan. Noda kuning tidak bisa dihilangkan hanya dengan merendam ataupun menguceknya begitu saja. Jika dipaksa dengan cara menyikat terlalu kuat, baju justru akan menjadi cepat rusak (robek). Ada trik-trik tertentu yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih. Nah, jika Anda tertarik mengetahui triknya, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada baju;

  1. Menggunakan Air Hangat

Jika noda tidak terlalu kuning atau terlihat pudar, Anda tidak perlu terlalu bersusah payah untuk menghilangkan. Merendam baju yang terkena noda kuning dengan air hangat bisa menjadi cara pertama untuk mengatasinya. Air hangat yang dicampur dengan bahan pemutih, akan menimbulkan reaksi yang bisa melunturkan noda kuning pada baju putih Anda. Bahkan penggunaan air hangat saat mencuci baju juga aman untuk pakaian berwarna. Lakukan perendaman baju selama kurang lebih 20 menit, lalu sikat sebentar dan cuci seperti biasa.

  1. Larutan Cuka

Selain sebagai salah satu bahan penyedap masakan, dengan sensasi rasa asam yang menyegarkan, ternyata cuka memiliki manfaat lain sebagai bahan pembersih pakaian. Nah, bila Anda mempunyai masalah dengan noda kuning pada baju, Anda bisa menggunakan larutan cuka ini untuk membersihkannya. Caranya sangat mudah, ambil beberapa sendok makan cuka dapur, lalu larutkan pada seember air bersih. Jika sudah tercampur rata, rendam baju yang terkena noda kuning kurang lebih 1 jam lamanya. Lalu kucek sebentar hingga noda kuning menjadi pudar dan hilang. Selanjutnya tinggal bilas dengan air bersih.

  1. Baking Soda

Satu lagi bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan berbagai jenis noda, termasuk noda kuning di baju putih adalah baking soda. Cara menggunakannya juga cukup mudah, ambil beberapa sendok baking soda, kemudian oleskan pada permukaan baju yang terkena noda secara merata, sambil dibasahi sedikit saja agar baking soda dapat menempel. Selanjutnya biarkan semalaman, dan pagi harinya tinggal di cuci bersih dengan deterjen

  1. Sabun Cuci Piring

Kalau biasanya sabun cuci piring digunakan untuk membersihkan piring dan peralatan dapur lainnya, nah kali ini coba deh untuk menghilangkan noda kuning di baju dengan sabun cuci piring. Penggunaannya hampir mirip dengan baking soda, yakni cukup dioleskan pada bagian baju yang terkena noda kuning secara merata. Kucek sebentar dengan tangan atau menggunakan sikat, lalu olesi kembali dengan sabun cuci piring dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, tinggal di cuci seperti biasa.

Leave a reply "Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju dengan Mudah"