Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

No comment 115 views
Mual Saat Hamil

 

Mual saat hamil memang sering terjadi di trimester pertama hingga kedua. Bagi Anda yang mengalaminya, tak perlu khawatir selama mual yang terjadi masih dalam tahap normal. Mual, pada dasarnya disebabkan karena adanya perubahan pada hormon dalam tubuh. Rasa mual akan timbul saat mencium aroma ataupun bau-bauan tertentu. Namun adapula sebagian orang yang mengalami mual saat berhadapan dengan makanan seperti nasi. Tentunya ini akan sangat merepotkan sekali, sebab sangat erat kaitannya dengan kesehatan yang bisa berpengaruh pada kondisi fisik seseorang.

Saat terjadi mual atau yang biasa juga dikenal dengan nama Morning Sickness, badan akan mulai terasa lemas. Dan biasanya juga akan diikuti dengan rasa pusing di kepala hingga muntah. Selajutnya, mual akan berangsur-angsur berkurang biasanya pada siang hari hingga menjelang malam. Meskipun rasa mual pada saat hamil bukanlah sesuatu yang berbahaya, namun tetap perlu diwaspadai. Sebab, rasa mual pada saat kehamilan, normalnya akan hilang seiring bertambahnya usia kandungan, paling tidak di usia kehamilan trimester kedua. Namun jika lebih lama dari itu, sebaiknya Anda perlu konsultasi ke dokter kandungan, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah untuk mengurangi rasa mual saat hamil, ada beberapa hal yang bisa Anda coba. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan dibawah ini.

1. Bangun lebih pagi

Sesuai dengan istilahnya ‘morning sickness’ biasanya rasa mual yang hebat akan terjadi pada pagi hari. Untuk hal ini, Anda perlu sedikit mencatat pada pukul berapa biasanya mual akan terjadi. Nah, jika sudah tau pasti pukul berapa biasanya mual terjadi, Anda bisa bangun pagi lebih awal agar mual tidak menghampiri. Maksudnya adalah, bila Anda biasanya mengalami mual menjelang pukul 05.30, berarti Anda perlu bangun lebih cepat, yakni sekitar pukul 04.00 atau 04.30 untuk menghalau rasa mual. Dan usahakan juga untuk selalu menyiapkan cemilan agar perut tidak sepenuhnya kosong. Jadi, ketika Anda bangun lebih awal, segera isi perut Anda dengan cemilan sehat, untuk mencegah datangnya mual.

2. Jangan makan terlalu kenyang

Semasa hamil, tubuh memang membutuhkan banyak asupan makanan, dan tak jarang perut akan sering merasakan lapar. Jika sudah begini, Anda perlu mengisi perut Anda dengan makanan yang sehat dan bergizi. Namun perlu diperhatikan juga, jangan sampai Anda makan terlalu kenyang. Sebab, itu hanya akan membuat perut Anda akan semakin terasa mual. Dan jangan lupa untuk membiasakan diri minum air putih setengah jam sebelum atau sesudah makan, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

3. Banyak istirahat

Berbeda pada saat tidak hamil, tubuh perlu cukup beristirahat. Akan tetapi di masa kehamilan, tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat, terlebih pada saat malam hari. Usahakan langsung tidur di malam hari begitu Anda selesai beraktifitas. Hindari bergadang, sebab itu hanya akan menambah rasa mual saja. Dan jangan lupa, saat Anda terbangun malam, entah karena ingin buang air atau semacamnya, usahakan untuk mengonsumsi cemilan sehat seperti buah ataupun roti. Ini bertujuan agar perut Anda tidak serta merta kosong yang dapat menimbulkan rasa mual.

4. Hindari makanan pedas

Banyak pengalaman wanita hamil yang mengalami mual saat setelah mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak. Maka dari itu, hindarilah mengkonsumsi makanan pedas terutama pada malam hari. Sebaiknya konsumsi makanan-makanan yang tidak berpenyedap dan tidak berbau menyengat. Makanan seperti sup, salad, sandwich dan sejenisnya itu sangat baik dikonsumsi. Jadi, sebaiknya selalu menyediakan makanan-makanan sehat seperti itu setiap harinya.

Leave a reply "Cara Mengatasi Mual Saat Hamil"