Cara Desain Rumah Minimalis Bergaya Skandinavia

No comment 19 views
Desain Rumah Minimalis Bergaya Skandinavia

 

Memiliki rumah sudah pasti menjadi impian setiap orang. Apalagi bagi pasangan muda yang sedang mencari ide desain rumah minimalis yang pas dan sesuai dengan tren saat ini. Nah, beruntung, sekarang konsep rumah minimalis bergaya Skandinavia sedang digandrungi oleh banyak orang. Sebab dengan konsep rumah seperti ini, rumah Kamu bisa terlihat lebih luas, rapih dan bersih, walau dengan budget yang minim.

Rumah minimalis gaya Skandinavia mulai populer sejak 5 tahun belakangan ini. Ciri desain rumah Skandinavia yang paling mencolok adalah gaya interior yang menggunakan furnitur dari kayu, sehingga memberikan kesan suasana yang santai dan alami.

Kamu tertarik untuk membangun rumah bergaya Skandinavia? Jika ia, simak tips-tips berikut ini:

1. Ruang Tamu

Desain Rumah Minimalis Bergaya Skandinavia

 

Bila Kamu menginginkan desain rumah minimalis Skandinavia, hal yang pertama sekali harus Kamu desain adalah bagian ruang tamu. Gaya Skandinavia tidak menggunakan warna-warna yang mencolok pada desain furniturenya. Warna-warna netral seperti putih dan hitam mendominasi hampir setiap sudut ruang tamu. Untuk pemilihan sofa, sebaiknya gunakan warna kulit sofa yang lebih soft, atau bisa juga perpaduan beberapa warna soft untuk lebih menghidupkan suasana.

Untuk karpet atau alas furniture, cukup menggunakan motif yang simple saja. Sedangkan untuk pemilihan warnanya, warna monocrome adalah pilihan terbaik untuk diterapkan di area ruang tamu. Untuk menghidupkan suasana dan menghindari kesan kaku, dalam ruang tamu boleh ditempatkan tanaman hijau, sehingga dalam lebih alami.

2. Ruang Keluarga

Desain Rumah Minimalis Bergaya Skandinavia

 

Ruang keluarga merupakan ruangan yang paling sering digunakan untuk berkumpul. Ruangan ini biasanya disebut juga dengan ruang nonton, karena biasanya Televisi diletakkan di area ini. Sejatinya ruang keluarga harus terkesan luas, untuk itu penempatan prabot yang berukuran besar harus dihindari. Rak buku yang biasanya memakan hampir setengah sudu ruangan, dapat diganti dengan papan kayu yang disusun memanjang di bagian dinding, sehingga lebih menghemat space ruang dan menonjolkan kesan yang luas.

3. Kamar Tidur

Di Skandinavia, suasana terang di siang hari memang sesuatu yang langka dan bisa berlangsung berbulan-bulan lamanya. Hal ini dikarenakan, daerah tersebut mengalami musim dingin yang lebih panjang, sehingga untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup di siang hari, mereka mendesain area kamar dengan fentilasi (jendela) yang lebih banyak dan besar. Nah, Kamu bisa menerapkan itu pada kamar tidur Kamu, yakni dengan membuat jendela yang lebih besar sehingga sinar matahari dapat masuk dan menerangi kamar dengan maksimal.

Desain Rumah Minimalis Bergaya Skandinavia

 

Untuk kamar tidur anak, menggunakan prabotan dari bahan kayu pada sisi tertentu dapat mempertegas desain interior Skandinavia. Pada bagian dinding, tinggal ditambahkan wall sticker dengan motif monocrome. Dan hindari penggunaan warna-warna cerah yang dapat merusak kesan Skandinavia pada kamar tidur anak.

4. Ruang Kerja/ Ruang Belajar

Desain Rumah Minimalis Bergaya Skandinavia

 

Pada desain rumah Skandinavia, Kamu tidak perlu mempersiapkan ruangan khusus untuk dijadikan ruang kerja/ ruang belajar anak. Selain menghindari pemborosan, ruang khusus untuk tempat bekerja/ belajar anak memang tidak diperlukan pada desain rumah Skandinavia. Cukup manfaatkan space (area sudut) kosong saja yang ada pada ruang keluarga itu sudah cukup.

5. Ruang Makan & Dapur

Desain Rumah Minimalis Bergaya Skandinavia

 

Biasanya rumah bergaya Skandinavia menggabungkan 2 fungsi ruang menjadi satu, terutama pada area ruang makan dan dapur. Selain lebih menghemat space, juga lebih memaksimalkan fungsi. Jika memungkinkan tambahkan sedikit space untuk taman, sehingga lebih menonjolkan kesan yang natural.

Itulah beberapa tips untuk mendesain rumah minimalis bergaya Skandinavia, semoga apa yang Kami bagikan dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Oke, selamat berexperiment.

Leave a reply "Cara Desain Rumah Minimalis Bergaya Skandinavia"