Berikut Tahapan-tahapan Pemulihan Pasca Stroke

No comment 80 views

pemulihan dan rehabilitasi stroke

Tak hanya orang-orang yang sudah lanjut usia saja, faktanya banyak diantara anak muda saat ini yang juga sudah terkena serangan stroke, penyakit yang memang tidak boleh diremehkan. Karena sekalinya terserang gangguan kesehatan yang satu ini dampaknya cukup serius. Karena bisa membuat kualitas hidup Anda mengalami penurunan. Kehilangan beberapa kemampuan dasar tubuh mulai diantaranya adalah berjalan, berbicara bahkan terkadang juga menelan. Itulah mengapa setelah serangan pertama sangat dianjurkan untuk melakukan pemulihan pasca stroke.

Tahapan-tahapan pemulihan ini juga berbeda-beda, menyesuaikan dengan kondisi pasien itu sendiri. Mengingat memang ada pasien yang hanya mengalami stroke sebagian, namun juga ada diantaranya yang mengalami serangan stroke total. Sehingga benar-benar lumpuh dan tidak dapat melakukan kegiatan seperti sedia kala. Pada tahapan perawatan awal yang harus dilakukan memang dari medis atau dengan datang ke rumah sakit. Dimana nantinya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui kondisinya, apakah parah ataukah tidak dan memberikan serangkaian obat-obatan.

Pasien stroke ini juga tidak boleh dibiarkan sendiri, melainkan harus didampingi kesehariannya oleh seseorang, karena memang untuk melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari sudah tidak seaktif dulu. Kemampuan tubuhnya tidak lagi sebagus dulu ketika masih sehat. Berikut ini beberapa jenis terapi pendamping untuk pemulihan dan rehabilitasi stroke yang agaknya juga harus dilakukan guna meningkatkan kualitas hidup mereka, yaitu:

  1. Fisioterapi, jenis terapi yang satu ini lebih ditujukan untuk mengembalikan kemampuan fisik mereka yang mengalami penurunan, seperti misalnya adalah sulit menggerakkan salah satu bagian tubuhnya, bahkan juga untuk beraktivitas sehari-hari seperti berjalan dan sejenisnya. jenis terapi yang satu ini juga akan dilakukan menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. biasanya adalah dimulai dari 24 hingga 48 jam setelah kondisi pasien tersebut stabil. Dimana nantinya Anda dapat mengambil program fisioterapi ini di rumah sakit maupun juga dengan mendatangkan seorang terapis ke rumah jika ingin lebih praktis dan aman.
  2. Pendampingan psikis, kebanyakan diantara pasien stroke pastinya akan terguncang kondisi psikisnya, karena memang berbagai macam keterbatasan yang dialami olehnya, mulai dari bergerak sampai dengan berbicara. Untuk itu tak jarang diantaranya yang akan mengalami stres atau drop kondisi psikisnya. Sehingga dibutuhkan sebuah terapi yang bisa memberikan dukungan mental kepada pasien tersebut. Jadi tidak akan mudah mengalami stres dan ada kemauan untuk melakukan pengobatan agar bisa sembuh seperti sedia kala.
  3. Pencegahan stroke berulang, upaya lainnya yang hendaknya juga dilakukan adalah dengan mencegah agar stroke tersebut tidak berulang atau menyerang kembali. Diantara langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, yaitu:
    – Mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter, hendaknya konsumsi obat-obatan ini juga dilakukan secara teratur atau disiplin sehingga bisa mempercepat kesembuhan.
    – Lakukan check up atau kontrol secara berkala ke rumah sakit.
    – Mengganti jenis makanan yang dikonsumsi, mulai ubah pola makan dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan juga sehat, perbanyak buah dan sayur, kurangi makanan berlemak, terlalu banyak gula dan juga garam.
    – Hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dulunya sering dilakukan, seperti diantaranya adalah merokok dan juga konsumsi alkohol. Mengingat memang kedua hal ini dapat memperburuk kondisi Anda.

Setidaknya itulah beberapa tahapan pemulihan pasca stroke yang harus dilakukan. Sekarang ini untuk mencari seorang fisioterapis atau perawat stroke di rumah bukanlah hal yang sulit, Anda bisa menemukan tenaga medis tersebut di aido Health.

Leave a reply "Berikut Tahapan-tahapan Pemulihan Pasca Stroke"