Bahan-bahan yang Biasa Disajikan pada Nasi Tumpeng Mini

No comment 183 views

Nasi Tumpeng Jakarta

Sejak dulu Indonesia memang terkenal dengan keragaman kulinernya, salah satunya adalah nasi tumpeng yang sudah melegenda. Dahulu kala tumpeng kerap disajikan pada acara-acara yang sifatnya sakral dan sarat akan nilai-nilai kebudayaan. Namun seiring perkembangan zaman, nasi tumpeng kini sering disajikan pada acara-acara spesial seperti ulang tahun, tasyakuran, dan hari-hari spesial lainnya. Selain itu, dahulu tumpeng juga di buat dalam bentuk dan ukuran yang besar. Tumpeng yang besar seperti itu mengikuti banyaknya jumlah orang yang akan menikmati nasi tumpeng tersebut. Akan tetapi, model tumpeng yang seperti itu kini sudah kurang diminati. Kebanyakan orang justru lebih tertarik dengan nasi tumpeng mini yang memang lebih praktis dan ekonomis dari segi harganya.

Di Jakarta, tidak sulit untuk memesan nasi tumpeng. Anda bisa menggunakan jasa catering nasi tumpeng Jakarta yang siap menerima pesanan dari Anda. Ada banyak sekali model nasi tumpeng yang bisa dipesan, termasuk nasi tumpeng mini. Anda hanya perlu menyesuaikan acara dengan nasi tumpeng yang mau di pesan. Atau jika Anda punya cukup waktu, Anda bisa mencoba membuat nasi tumpeng sendiri. Hanya saja, bagi Anda yang berencana untuk membuat tumpeng sendiri, sebaiknya persiapkan bahan-bahan berikut ini, untuk isian nasi tumpeng Anda.

  1. Nasi Kuning yang Dibentuk Kerucut

Nasi yang berbentuk kerucut memang menjadi pembeda nasi tumpeng dengan nasi lainnya. Biasanya nasi yang digunakan berwarna kuning (diwarnai dengan pewarna kunyit) dan dibuat dalam berbagai ukuran tergantung acara yang akan dilangsungkan. Namun terkadang, ada sebagian orang yang juga menggunakan nasi putih yang dibentuk kerucut.

  1. Lauk

Lauk yang terdapat pada nasi tumpeng sebenarnya tergolong bebas, hanya saja orang-orang sudah terbiasa dengan lauk berupa ayam goreng, ikan goreng, telur rebus orek tempe/kentang, perkedel dan semacamnya.

  1. Jenis Sayuran

Selain lauk, sayuran juga wajib disertakan dalam nampan nasi tumpeng. Sayuran yang digunakan biasa berupa urap, lalapan, kacang-kacangan dan sebagainya. Akan tetapi berbeda untuk tumpeng anak-anak, biasanya sayuran yang digunakan tidak menggunakan sayuran dengan rasa yang pedas, seperti urap. Cukup menambahkan selada, wortel, timun yang dibentuk menarik untuk toping hiasannya.

  1. Sambal

Aneka sambal seperti sambal terasi, sambal petis dan sebagainya juga perlu ditambahkan untuk menambah kelezatan nasi tumpeng.

Leave a reply "Bahan-bahan yang Biasa Disajikan pada Nasi Tumpeng Mini"