6 Vaksin Corona ini Segera Beredar di Indonesia

No comment 36 views

Vaksin Corona

Slogan berdamai dengan Corona sepertinya tidak akan berlangsung lama lagi. Saat ini sejumlah perusahaan farmasi sudah meng-klaim berhasil menemukan vaksin corona dan siap untuk segera didistribusikan. Dengan penemuan in, berarti sudah saatnya dunia bersatu untuk melawan corona dan melenyapkan corona dari muka bumi, sehingga kehidupan manusia akan kembali normal seperti sediakala lagi.

Hal yang senada juga tengah terjadi di Indonesia.  Saat ini Indonesia sudah mempersiapkan vaksin yang mampu mengatasi penyebaran dan keberadaan corona. Bahkan kementerian kesehatan telah mengantongi sejumlah merek vaksin corona yang kini tengah memasuki tahap ujicoba terakhir sebelum digunakan. Dijadwalkan, paling lambat tahun depan, vaksin tersebut sudah akan disalurkan ke seluruh rakyat Indonesia. Dari beberapa vaksin yang sudah ditemukan, sedikitnya ada 6 vaksin yang masuk dalam kandidat untuk digunakan di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 6 vaksin yang di produksi oleh perusahaan farmasi ternama di dunia;

  1. Bio Farma atau Vaksin Merah Putih

Vaksin yang menjadi kandidat pertama dinamakan dengan vaksin Merah Putih. Vaksin ini merupakan vaksin yang dihasilkan dari hubungan kerjasama antara PT Bio Farma Indonesia dengan Lembaga Eijkman Institute, namun vaksin ini diperkirakan baru akan selesai pada akhir 2021 mendatang. Selain itu, Bio Farma juga tengah mempersiapkan kerjasama lainnya dengan perusahaan raksasa asal China, Sinovac Biotech.

Melansir dari halaman halodoc.com, vaksin Sinovac berpeluang besar untuk digunakan di Indonesia. Vaksin ini sudah melalui berbagai tahap ujicoba termasuk uji kehalalan bahan baku yang digunakan. Nah, untuk mengetahui perkembangan selanjutnya, bisa Anda temukan lengkap di situs halodoc. Oia, selain informasi covid, Anda juga bisa memantau kondisi kesehatan Anda lewat situs ini juga, loh! Anda hanya perlu melakukan chat dengan dokter lewat fitur ‘Tanya Dokter’, nanti dokter spesialis terkait akan segera menganalisa kondisi kesehatan Anda.

  1. AstraZeneca

Vaksin yang berasal dari hubungan kerjasama antara AstraZeneca dengan Universitas Oxford ini masih belum tuntas dilakukan. Namun berdasarkan dari hasil ujicoba terhadap 20.000 sukarelawan, menunjukkan keefektifan diatas 70%. Ini merupakan persen keberhasilan yang cukup tinggi, namun masih butuh penyempurnaan lagi, hingga hasil yang diharapkan mendekati 99%. Kelebihan vaksin ini adalah, lebih mudah dalam hal distribusinya. Sebab vaksini ini, tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat dingin. Sehingga untuk distribusi ke daerah terpencil lebih mudah dilakukan.

  1. Moderna

Menurut informasi yang beredar, kandidat vaksin terkuat lainnya untuk digunakan di Indonesia adalah vaksin yang diproduksi oleh perusahaan Moderna. Keefektifan vaksin ini sudah mencapai 94,5%. Bahkan Moderna sudah mendapatkan izin penggunaan darurat oleh regulator Amerika Serikat dan Eropa sebagai vaksin covid-19. Dan yang lebih utama, vaksin Moderna juga sudah lolos persyaratan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sehingga sangat mungkin untuk digunakan juga di Indonesia

  1. China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm).

Vaksin lainnya yang sudah melalui tahap uji terakhir adalah vaksin yang berasal dari perusahaan Sinopharm. Perusahaan ini sudah menunjukkan keefektifan vaksinnya di lebih dari 1 juta orang di China. Vaksin ini sudah mengantongi izin dari pemerintah China dengan status izin penggunaan darurat. Sebelumnya, vaksin ini hanya diberikan oleh pejabat di China, pelajar dan pekerja yang bepergian ke luar negeri. Dan pada September 2020, vaksin ini sudah digunakan di luar China, yakni Uni Emirat Arab dengan persetujuan penggunaan darurat.

  1. Pfizer Inc and BioNTech

Raksasa farmasi Pfizer dan BioNTech juga sudah mengembangkan vaksi covid. Bahkan perusahaan ini juga sudah mengantongi izin penggunaan darurat di sejumlah negera, seperti Inggris dan Amerika Serikat. Hasil ujicoba yang dilakukan pada November 2020 lalu, 95% vaksin Pfizer ini sukses menangkal corona, tanpa menimbulkan resiko keamanan. Namun belum diketahui bahwa vaksin ini akan digunakan juga di Indonesia atau tidak.

Leave a reply "6 Vaksin Corona ini Segera Beredar di Indonesia"