5 Tips Memberi Susu pada Buah Hati

No comment 40 views
Susu Bayi

 

Susu dalam pangan Indonesia dianggap sebagai pelengkap atau penyempurna. Akibatnya, banyak orang menganggap bahwa usia balita, yang merupakan usia emas, harus mengonsumsi banyak susu. Tentu saja yang dimaksud adalah susu formula. Susu yang banyak ditawarkan dalam berbagai varian di pasaran.

Namun, sebenarnya anggapan di atas tidak semuanya benar.  Bayi seoptimal mungkin cukup diberikan ASI sampai usia 6 bulan.  Susu hanya diberikan seandaikan ASI tidak keluar karena masalah tertentu. Susu bukan pengganti makan.  Minum susu saja tanpa konsumsi makanan yang bergizi tidak menyehatkan.

Terkait dengan memberi susu kepada buah hati, di bawah ini ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan.

Mengatur Waktu Minum Susu

Susu tidak diberikan setiap anak menangis. Aturlah waktunya, seperti mengatur makan sehari-hari. Minum susu yang terlalu banyak membuat anak Anda tidak mau mengonsumsi makanan lain karena sudah kenyang.

Meskipun susu sudah mengandung DHA, Omega 3 dan lain-lain, mengambil zat tersebut dari makanan alami akan lebih baik.

1. Tidak Mengencerkan Susu

Orang tua terkadang mengatur sendiri dosis susu anak, diencerkan atau dikentalkan. Ini merupakan langkah yang kurang bijaksana karena dapat mengurangi manfaatnya. Produsen susu sudah memperhitungkan zat gizi dalam susu sesuai kebutuhan anak.

Jika ingin menghemat pengeluaran susu, bukan dengan cara mengencerkannya.  Ikutilah tips pertama di atas.

2. Mencuci Botol Susu

Anda harus selalu menyuci botol susu setiap habis digunakan. Jika belum sempat, sisihkan saja dulu. Jangan menggunakan botol susu belum dicuci untuk membuat susu kembali. Susu merupakan makanan dengan zat gizi tinggi. Bakteri dan virus sangan menyukai kondisi ini.  Botol yang belum dicuci kemungkinan banyak kuman yang menempel.

Perhatikan pula bahwa menyuci botol susu sebaiknya menggunakan sabun tanpa bahan kimia yang dapat menempel, seperti pada artikel https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-bunda-harus-menggunakan-sabun-cuci-food-grade-untuk-perlengkapan-makan-bayi. Sleek baby dari Kino, mempunyai sabun khusus untuk perlengkapan bayi, yaitu Sleek Baby Bottle Niple Cleanse. Dengan removal formula yang dikandungnya, sabun ini menghilangkan lemak pada botol susu sekaligus menghilangkan bau amis susu yang menempel.

Sleek baby tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

3. Tidak Menyimpan Susu Lebih dari 2 Jam

Dalam suhu kamar, susu hanya tahan 2 jam. Oleh karena itu, jangan membuat susu dalam jumlah banyak, misalnya untuk stok perjalanan kecuali Anda membawa pendingin. Jangan pula memberikan anak susu sisa yang masih ada dalam botolnya.

4. Memperhatikan Tanggal Kadaluarsa

Susu merupakan pangan yang mudah rusak. Perhatikan tanggal kadalaurasa yang tertera pada kemasan saat Anda membelinya.

Itulah tips memberikan susu pada buah hati. Jangan lupa untuk tidak membiarkan anak tertidur dengan botol susunya. Gula yang cukup tinggi dari susu akan menempel di gigi dan merusaknya.

Leave a reply "5 Tips Memberi Susu pada Buah Hati"