5 Permainan Jadul yang Bikin Kangen Masa Kecil

No comment 113 views

gaple

Zaman boleh saja berubah, namun kenangan akan masa lalu pasti selalu membekas dan kerap muncul secara tiba-tiba. Terlebih di masa kanak-kanak dahulu, banyak hal-hal seru di masa itu yang sulit untuk dilupakan sampai dengan sekarang. Salah satunya mungkin adalah permainan jadul yang memang keberadaannya sudah sangat langka sekarang ini. Apalagi di tengah gempuran teknologi yang terus menciptakan permainan modern berbasis elektronik, anak-anak zaman sekarang mungkin tidak pernah tahu betapa asiknya bermain permainan jadul tersebut.

Nah, buat Anda yang kangen dengan permainan jadul di masa kecil, berikut beberapa permainan yang pernah populer di zamannya.

  1. Permainan Gasing

Gasing merupakan salah satu permainan tradisional asal Melayu yang sangat melegenda. Dinamakan gasing, karena permainan ini menghasilkan suara (desing) yang timbul akibat adanya putaran dan gesekan. Permainan yang menguji ketangkasan ini bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih, pemenang dalam permainan ini adalah mereka yang bisa memutarkan gasing dengan lama atau yang mampu bertahan dari tubrukan gasing lawan.

  1. Kartu Gaple

Domino atau yang biasa dikenal oleh orang Indonesia dengan nama kartu Gaple merupakan salah satu permainan jadul yang mulai ditinggalkan. Permainan ini biasa dimainkan oleh dua atau lebih orang secara berhadap-hadapan. Setiap pemain gaple memegang kartu yang dibagikan secara acak. Dimana pemenangnya ditentukan berdasarkan poin yang dikumpulkan (diakumulasi). Saat ini permainan gaple juga sudah bisa dinikmati secara online dan tidak menggunakan kartu seperti pada masa lalu. Jumlah pemainnya pun bisa lebih banyak dan pastinya tak kalah seru saat memainkan gaple jadul.

  1. Permainan Congklak

Congklak juga merupakan salah satu permainan jadul yang paling sering dikangenin dari masa lalu. Meskipun permainan ini masih bisa ditemukan di pusat-pusat penjualan mainan, namun ternyata peminatnya tidak seperti dulu lagi. Anak-anak zaman sekarang bahkan tidak lagi mengenal permainan jadul orang tuanya itu. Padahal bermain congklak sangat menyenangkan karena bisa dilakukan secara bersama-sama. Permainan sederhana ini bisa melatih konsentrasi dan logika anak. Siapa yang bisa mengumpulkan paling banyak anak congklak, maka dialah yang akan keluar menjadi pemenangnya.

Leave a reply "5 Permainan Jadul yang Bikin Kangen Masa Kecil"