3 Penyebab Gigi Berlubang pada Anak-Anak

No comment 77 views
Penyebab Gigi Berlubang

 

Anak-anak memang sangat rentan mengalami masalah gigi berlubang. Penyebab gigi berlubang itu sendiri sebenarnya sangat beragam. Bisa karena makanan, minuman ataupun cara menggosok gigi anak yang tidak tepat. Kondisi yang demikian, akan membuat kuman penyebab gigi berlubang dapat dengan mudahnya berkembang biak pada mulut si anak.

Selain umum dijumpai pada anak-anak, ternyata masalah gigi berlubang juga bisa terjadi pada orang dewasa. Berbeda halnya pada anak-anak, pada orang dewasa penyebab gigi berlubang lebih kepada pola hidup yang kurang sehat, seperti karena malasnya menggosok gigi. Nah bagi Anda orang dewasa yang telah memiliki anak, baiknya sedini mungkin mulai mengajarkan pola hidup sehat pada anak-anak Anda. Dengan melakukan pola hidup sehat, gigi anak Anda dapat terhindar dari berbagai masalah gigi termasuk gigi berlubang.

Sebagai orang tua, sebaiknya Anda juga mengenai 3 penyebab masalah gigi berlubang pada anak-anak berikut ini.

1. Permen rasa buah

Menikmati permen dengan rasa dan aroma buah memang sangat menyenangkan. Permen dengan rasa buah seperti ini pastinya sangat disukai oleh semua anak-anak. Tapi tunggu dulu, sebaiknya Anda (orang tua) waspada akan dampak yang akan terjadi bila anak Anda terlalu sering memakan permen dengan rasa buah ini.

Permen rasa buah banyak mengandung gula atau pemanis tambahan. Pantas saja jika rasanya sangat disukai oleh anak-anak. Namun dibaliknya manisnya permen rasa buah juga dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan gigi anak Anda. Kandungan gula pada permen ini, dapat menimbulkan plak dan merusak lapisan email gigi si anak. Sehingga dalam tempo waktu yang lama, dapat membuat gigi menjadi karies bahkan bisa saja menjadi berlubang.

Terkadang banyak anggapan bahwa dengan menyikat gigi saja sudah cukup untuk menghilangkan plak akibat permen rasa buah. Sayangnya anggapan tersebut belum sepenuhnya benar. Meskipun sudah menyikat gigi usai memakan permen, terkadang masih ada sisa-sisa permen yang menempel di sela-sela gigi. Nah, inilah yang dapat mengundang pertumbuhan bakteri. Sehingga walaupun sudah menggosok gigi, masalah gigi berlubang pada anak, masih sering terjadi.

2. Minuman bersoda

Penyebab gigi berlubang selanjutnya adalah karena minuman bersoda dan jus buah berwarna-warni Nah, jika anak Anda senang meminum minuman bersoda, maka sebaiknya mulai sekarang batasi keinginannya untuk meminum minuman bersoda atau sejenisnya.

Banyak pakar kesehatan anak yang sudah menjelaskan perihal minuman bersoda ini. Menurut peniltian medis, minuman bersoda sangat berpengaruh besar pada penyebab kerusakan gigi terutama bagi anak-anak. Minuman bersoda mengandung asam dalam jumlah yang tinggi yang dapat melemahkan struktur gigi. Kandungan asamnya bisa mencapai 2 s/d 3 kali lebih tinggi daripada baterai. Dengan kandungan asam seperti ini dapat mengikis lapisan email pada gigi sehingga membuat gigi anak menjadi berlubang.

Maka dari itu, sebisanya hindari anak-anak Anda untuk mengkonsumsi minuman bersoda. Dan perbanyaknya meminum air putih setiap hari. Sebab, dengan rutin mengkonsumsi air putih, dapat membuat tubuh dan gigi anak menjadi lebih sehat dan terjaga.

3. Biskuit

Memberikan makanan berupa biskuit pada anak-anak sebenarnya bukanlah suatu hal yang tepat. Apalagi jika biskuit tersebut memiliki rasa yang teramat manis. Biskuit yang manis biasanya mengandung banyak gula dan karbohidrat. Dan bakteri pada mulut sangat menyukai aneka makanan yang manis seperti biskuit. Sehingga biskuit dapat membuat bakteri berkembangbiak di mulut sehingga menimbulkan masalah pada gigi.

Sebaiknya berikan buah-buahan sebagai pengganti cemilan si anak di kala luang. Buah-buahan akan membuat tubuhnya menjadi lebih sehat dan dapat melawan serangan bakteri yang ada di mulut. Dengan begitu mulut dan giginya akan tetap sehat dan kuat.

Leave a reply "3 Penyebab Gigi Berlubang pada Anak-Anak"