3 Manfaat Memiliki Simpanan Deposito

No comment 105 views

cara hitung bunga deposito

Deposito merupakan salah cara yang di pilih seseorang untuk mencapai tujuan finansial dengan cepat dan mudah. Investasi jangka pendek ini menjadi pilihan orang-orang karena sifatnya yang tidak perlu di maintenance sedemikian rupa. Sebab, semuanya sudah dijalankan secara otomatis oleh sistem perbankan dan Anda hanya perlu duduk tenang sambil menunggu ‘bunga deposito’ mengalir ke rekening Anda. Untuk besaran bunganya pun fluktuatif, tergantung di mana Anda membeli produk deposito. Namun jika Anda ingin mengetahui cara hitung bunga deposito yang benar, Anda bisa langsung melakukan pengecekan secara mandiri melalui aplikasi simulasi hitung bunga deposito pada website bank terkait.

Berbicara soal deposito, tahukah Anda! sebenarnya memiliki deposito sangat menguntungkan sekali. Dengan mengharapkan bunga deposito yang bervariatif, Anda bisa memperoleh kebebasan finansial. Anda tidak perlu lagi tergantung pada gaji yang Anda terima setiap bulannya di tempat Anda bekerja. Anda mau pergi berlibur kemanapun Anda mau, melanjutkan pendidikan, dan hal-hal lainnya, bisa Anda lakukan bermodalkan bunga deposito yang akan Anda terima. Besarnya bunga yang Anda terima tergantung seberapa banyak uang yang Anda investasikan untuk membeli produk deposito. Nah, bagi Anda yang belum begitu paham tentang manfaat memiliki deposito, berikut adalah beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui;

  1. Membuat Anda merasa lebih aman dengan dana yang disimpan

Salah satu keunggulan investasi jenis deposito ini adalah yang terkait dengan keamanan. Meskipun jaminan aman itu tidak bisa mencapai 100%, namun dibandingkan dengan produk investasi lain seperti saham dan sejenis, deposito masih tergolong aman untuk dimiliki. Saat ini, kegiatan investasi berupa deposito sudah mendapatkan jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Dana yang dijamin mencapai Rp 2 miliar. Nah apabila nilai investasi Anda lebih dari Rp 2 miliar, maka LPS hanya akan menjaminnya sebesar Rp 2 miliar saja. Sementara bunga deposito yang dijamin oleh LPS adalah maksimal 7,75%. Jadi sebelum Anda membeli produk deposito, pastikan bank tersebut sudah dijamin oleh LPS.

  1. Anda bisa mengatur waktu simpanan sesuai kebutuhan

Termin simpanan deposito termasuk yang sangat freksibel. Anda bisa menyesuaikan termin sesuai dengan kondisi keuangan/kebutuhan Anda. Nah, jika Anda membutuhkan waktu yang singkat untuk memutar uang Anda, Anda bisa memilih termin deposito yang singkat saja, misalnya 1 atau 3 bulan. Namun jika dana yang Anda miliki adalah dana free, Anda bisa memilih termin yang lebih panjang, yakni 6 – 12 bulan.

  1. Lebih mudah memperkirakan hasil yang di dapat

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih menginvestasikan dananya pada produk deposito adalah karena kepraktisannya. Anda tidak perlu dipusingkan dengan perkembangan setiap saat seperti layaknya saham ataupun pasar uang. Anda tidak perlu khawatir akan masalah naik turunnya harga pasar yang akan mempengaruhi nilai simpanan Anda. Sebab di deposito tidak berlaku hukum seperti itu. Dengan suku bunga deposito yang sudah ditentukan oleh bank, Anda sudah bisa memperkirakan seberapa besar hasil yang di dapat.

Leave a reply "3 Manfaat Memiliki Simpanan Deposito"