Mengubah Dapur Rumah Minimalis Menjadi Menawan dengan Biaya Murah

Dapur Rumah Minimalis

Kita semua pasti setuju jika dapur merupakan salah satu bagian rumah yang paling sering disinggahi oleh setiap anggota keluarga. Di tempat ini pula berbagai aktifitas turut dilakukan seperti memasak, bersantap makanan, hingga hal-hal lain dapat dilakukan. Untuk itu sebisanya, bagian dapur harus selalu terlihat bersih dan tertata dengan rapih, agar suasana memasak maupun menyantap makanan menjadi terasa lebih menyenangkan. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki ruang dapur yang cukup lebar (lega) untuk menata semuanya menjadi lebih rapih. Kebanyakan justru hanya memiliki dapur rumah minimalis yang lebarnya tak lebih dari 2×3 meter. sehingga menjadi cukup sulit untuk menatanya agar terlihat indah saat dipandang.

Tapi tunggu dulu ya, bukan berarti dapur rumah minimalis tidak bisa ditatapi rapih loh. Dapur minimalis kamu juga tetap bisa terlihat menawan meski dengan biaya murah loh. Nah, ingin tau caranya? Berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan.

1. Menyeimbangkan Desain dengan Fungsi

Salah satu pertimbangan yang harus kamu lakukan sebelum menata dapur rumah minimalis kamu adalah pastikan desain yang kamu mau sesuai dengan fungsinya. Hal ini menyangkut pada tata letak antara bagian dapur (tempat masak) dengan meja makan. Jadi sebisanya, letak meja makan dibuat tidak berjauhan dengan bagian dapur sehingga memudahkan anda untuk menyajikan makanan.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk menggunakan lemari gantung. Penempatan lemari gantung pada area bagian atas dapur masak dapat menghemat space ruangan sehingga akan membuatkan area kosong dibagian dapur lebih banyak. Sedangkan untuk peralatan dapur seperti sendok masak, talenan dan sebagainya, dapat digantungkan dibagian dinding. Namun agar tidak merusak keindahan, cukup gantungkan beberapa peralatan saja yang paling sering digunakan, selebihnya bisa disimpan dalam lemari gantung/laci dibawah dapur masak.

2. Bermain dengan Warna Putih

Meskipun warna putih terkesan ketinggalan zaman, namun jangan remehkan kesan yang ditimbulkan warna ini saat digunakan sebagai cat dinding dapur minimalis Anda ya. Penggunaan warna pada area dapur dapat memberikan kesan yang bersih, menawan dan lega loh. Apalagi jika dikombinasikan pada furniture dengan warna-warna netral seperti hitam & coklat. Akan membuat dapur minimalis kamu menjadi sangat indah. Dan jangan lupa atur juga pencahayaan, untuk mempertegas warna-warna yang ada.

3. Penggunakan Sticker Vinyl

Jika ingin dapur kamu memiliki kesan yang modern. Kamu juga bisa menambahkan sticker Vinyl pada dinding-dinding dapur rumah kamu. Sticker vinyl yang bisa kamu gunakan dapat berbentuk tulisan-tulisan yang keren sehingga akan memberikan kesan yang modern seperti layaknya cafe-cafe yang ada di restauran.

4. Dekorasi dengan Bumbu Dapur

Untuk menampilkan kesan yang natural, kamu juga bisa menyisihkan sedikit space untuk tempat bumbu-bumbu dapur. Jadi kamu hanya perlu meletakkan bumbu-bumbu dapur pada wadah-wadah kaca yang lucu/keren dan menyusunnya sedemikian rupa sehingga membentuk dekorasi yang indah untuk dipandang.

  1. author

    April Hamsa2 weeks ago

    Pilihan warna putih bisa bisa bikin dapur lega ya mbk? Meski dapurnya mungil? hehe
    Ini aku jg lagi cari2 ide buat renov dapurku. Kebetulan rmh aslinya tu cat kuning gtu. Jd kepikiran area dapur putih aja 😀

    Reply
  2. author

    Dewi Ratih Purnama2 weeks ago

    Cita-citaku mba pengen punya dapur putih dengan kombinasi furnitur coklat, apalagi kalo luas, rumahnya jadi makin cerah deh 🙂

    Reply
    • author
      Author

      amien2 weeks ago

      semoga keinginannya cepat tercapai ya mbak dewi 🙂

      Reply
  3. author

    Hastira2 weeks ago

    makasih sharingnya , bermanfaat

    Reply
  4. author

    Anjar Setyoko2 weeks ago

    Bener banget memang dapur harus di desain semenarik mungkin,Obrolan keluarga juga paling bisa dilakukan di meja makan yang ada di dapur. Kalau boleh ada tambahan dari saya mah harusnya dapur juga dilengkapi dengan kaca cermin sehingga menambah kesan luas meskipun ukurannya di kisaran 2*3.

    Reply
    • author
      Author

      amien2 weeks ago

      wahh.. boleh juga tuh idenya mas
      nanti saya update deh 🙂

      Reply
  5. author

    Astin Astanti1 week ago

    aku udah lama mimpi pingin punya dapur sendiri yang minimalis tapi semua ada. Semua ada tapi rapi, rapi tapi ada art sendiri untuk menunjukan itu adalah dapurku. Warna putih? aku suka juga Mbak

    Reply

Leave a reply "Mengubah Dapur Rumah Minimalis Menjadi Menawan dengan Biaya Murah"